Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Superhero BlackBerry Menuai Banyak Kritik

Kompas.com - 02/02/2012, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) baru saja memperkenalkan empat sosok superhero kartun sebagai ikon kampanye RIM di jejaring sosial Twitter, dengan "hashtag" BeBold. Namun, empat superhero ini tidak disambut baik oleh pengguna BlackBerry.

Keempat superhero itu tergabung dalam The Bold Team. Dalam infografis yang dirilis RIM, empat superhero ini memiliki nama dan karakter masing-masing, ada Gogo Girl (The Achiever), Max Stone (The Adventurer), Justin Steele (The Advocate) dan Trudy Foreal (The Authentic).

Nampaknya, superhero itu dimaksud mewakili karakter pengguna BlackBerry, agar RIM dapat lebih dekat dengan konsumennya.

Tapi, respon dari konsumen malah sebaliknya. Reaksi negatif dilontarkan konsumen dalam situs-situs teknologi dan Twitter (dengan hashtag BeBold). Akibat empat superhero tersebut, pengguna BlackBerry menganggap RIM kekanak-kanakan.

Padahal, dalam sebuah posting di blog resmi, pihak RIM telah mengatakan, kampanye BeBold hanya bertujuan untuk sedikit bersenang-senang dalam komunitas BlackBerry. "Ini bukan kampanye iklan baru," demikian tertulis di blog BlackBerry.

Apa daya, konsumen tidak menyambut baik empat superhero itu. Reaksi negatif ini menimbulkan masalah baru bagi RIM. Padahal, CEO RIM Thoersten Heins pernah menyatakan, kampanye BeBold akan memainkan peran penting bagi RIM di tahun 2012 ini.

"Pindah ke tahun ini, kami akan terus menjangkar iklan baru, baik digital maupun pesan sosial media dengan tema menarik BeBold," tulis Heins, dalam sebuah memo yang diterima Globe and Mail.

Dengan ini, RIM akan memiliki lebih banyak lagi pekerjaan untuk mengembalikan citra perusahaan yang sekarang tengah terpuruk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com