Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"4 Superhero" Tak Berdaya Bantu BlackBerry

Kompas.com - 08/03/2012, 10:59 WIB

KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) telah meningkatkan usaha pemasaran dengan menciptakan empat karakter pahlawan yang tergabung dalam The Bold Team untuk merepresentasikan kampanye "Be Bold" sejak Januari lalu.

Namun, kampanye yang bertujuan mengembalikan citra BlackBerry ini dianggap belum meningkatkan penjualan BlackBerry.
 
Penjualan smartphone berbasis BlackBerry OS 7 di Amerika Serikat, terutama BlackBerry Bold 9900 dan Curve 9360, masih lesu hingga Februari ini. Hal ini diungkapkan oleh analis Canaccord, Mike Walkey, dalam sebuah catatan penelitian pada Minggu (4/3/2012).
 
"Catatan bulan Februari kami mengindikasikan bahwa penjualan smartphone BlackBerry 7 masih lemah, meskipun RIM telah meningkatkan upaya pemasaran," tulis Walkey.
 
Ia melanjutkan, hal ini disebabkan lantaran pangsa pasar iPhone 4S semakin kuat, harga smartphone Android makin kompetitif, Windows Phone yang juga sedang meningkat, serta peluncuran iPad generasi terbaru pada 7 Maret mendatang.
 
CEO RIM Thorsten Heins, sejak awal menjabat memprioritaskan akan mengubah strategi pemasaran. Ia terus melakukan promosi lewat secara digital maupun pesan di media sosial.
 
Namun karena empat tokoh pahlawan ini, RIM dianggap kekanak-kanakan. Reaksi negatif dilontarkan konsumen dalam situs-situs teknologi dan Twitter. Dengan ini, RIM memiliki lebih banyak lagi pekerjaan rumah untuk mengembalikan citra perusahaan yang sekarang tengah terpuruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com