Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Siapkan Kebijakan Oplosan

Kompas.com - 08/03/2012, 21:58 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia akan menempuh langkah kebijakan bauran atau oplosan untuk mengantisipasi laju inflasi pasca-kenaikan harga bahan bakar minyak. Pemerintah berencana menaikkan harga premium dan solar senilai Rp 1.500 dari harga pasar saat ini mulai April.   

Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Jakarta, Kamis (8/3/2012), menyatakan, pihaknya mewaspadai propek inflasi pasca-kenaikan harga BBM.

Untuk itu, BI akan menempuh langkah kebijakan yang memadai dan terukur agar inflasi dapat kembali ke sasarannya.     

”Kebijakan tersebut akan ditempuh dengan mengoptimalkan bauran kebijakan dari suku bunga, nilai tukar, pengelolaan likuiditas, dan kebijakan makroprudensial,” kata Darmin.       

Dampak kebijakan menaikkan harga BBM ke inflasi, Darmin menambahkan, masih dapat ditekan lebih rendah dengan cara menerapkan subsidi ke sektor transportasi.

Di samping itu, penting pula penerapan komunikasi kebijakan yang baik kepada publik guna meminimalkan efek psikologis yang sering mengiringi kenaikan harga BBM. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com