Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Kalah di Kandang Sendiri

Kompas.com - 26/03/2012, 06:38 WIB

KOMPAS.com - Popularitas BlackBerry nampaknya mulai meredup di tanah airnya sendiri. Untuk pertama kalinya, jumlah pengiriman iPhone melampaui pengiriman BlackBerry di Kanada.

Menurut data yang dirilis IDC dan Bloomberg, Jumat (23/3/2012), Apple mengirimkan 2,85 juta unit iPhone ke Kanada di kuartal terakhir 2011. Sedangkan Research In Motion (RIM), mengirimkan 2,08 juta unit BlackBerry.

Hal ini cukup mengecewakan bagi RIM, mengingat mereka selama ini mendominasi pasar smartphone di tanah airnya dalam waktu yang cukup lama. Di tahun 2008, warga Kanada hanya membeli 1 iPhone untuk setiap 5 BlackBerry yang mereka beli, menurut sebuah riset.

Penjualan RIM di Kanada jatuh 45% pada kuartal ketiga tahun 2011, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pangsa pasar BlackBerry juga terus digerogoti oleh iPhone dan Android di Amerika Serikat.

Kendati demikian, menurut Bloomberg, penjualan BlackBerry masih lebih banyak dibandingkan iPhone di kawasan Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin. Di Indonesia sendiri, BlackBerry masih menjadi smartphone favorit.

Untuk meningkatkan penjualan dan bersaing dengan iPhone dan Android, RIM sedang menyiapkan sistem operasi BlackBerry 10 yang rencana akan dirilis akhir tahun 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com