Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nyontek" dari Ponsel, Dua Siswa Ditangkap Polisi

Kompas.com - 16/04/2012, 14:06 WIB
Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Kedapatan mencontek melalui telepon seluler, dua peserta Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan digelandang polisi, Senin (16/4/2012). Bukan semata-mata mencontek, namun keduanya didapati menyalin jawaban dari kunci jawaban yang ada di dalam pesan singkat (SMS) di telepon selularnya.

Peristiwa ini terjadi saat UN dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia tengah berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Pengawas UN menyaksikan dua pelajar ini menggunakan telepon seluler yang disimpan dari balik pakaian.

Setelah ditegur dan diperiksa ternyata telepon terseluler tersebut berisi kunci jawaban. Keduanya pun langsung diserahkan kepada aparat kepolisian yang sebelumnya memang melakukan pengamanan di lokasi UN.

Selain kedua pelajar ini, polisi juga mengamankan kartu peserta UN serta dua buah telepon seluler sebagai barang bukti "Saya tidak tahu Pak, siapa yang mengirim, langsung masuk saja sms-nya di hp-ku," ujar JD.

"Kami hanya mengamankan dua pelajar ini, untuk dilakukan penyelidikan dari mana asal dan siapa penyebar kunci jawaban tersebut, karena inikan sudah ada indikasi bahwa soal Ujian Nasional ini bocor kalau memang betul itu kunci jawabannya," ujar IPDA Supiadi, Kepala Unit Patroli Motor (Kanit Patmor) Polres Bone.

Sementara itu, pihak sekolah yang dikonfirmasi terkait dengan peristiwa ini hanya menyerahkan kasus tersebut kepada pihak yang berwajib dan mengaku telah melakukan upaya pencegahan kecurangan dalam UN.  "Atas kejadian ini saya serahkan sepenuhnya kepada pihak panitia dan polisi, dari kemarin kan sudah diumumkan bahwa setiap peserta ujian dilarang membawa hp," ujar Arifuddin, Kepala SMK I Watanpone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com