Facebook Akuisisi Instagram, Twitter dan Google Ikut Diperiksa

Kompas.com - 11/05/2012, 12:58 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Akuisisi Facebook atas Instagram senilai 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 9,1 triliun) pada awal April 2012, masih membuat banyak pihak terheran-heran.

Facebook rela mengeluarkan uang sebanyak itu demi sebuah usaha rintisan berbasis teknologi informasi (startup) yang diasuh 13 karyawan dan belum bisa menghasilkan uang.

Komisi Perdagangan Federal AS sampai menanyakan langkah akuisisi itu kepada Google dan Twitter. Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/5/2012), Komisi Perdagangan Federal memang mulai mengulas setiap akuisisi bernilai tinggi. Namun, belum diketahui secara pasti mengapa Twitter dan Google dilibatkan.

Yang jelas, peninjauan Komisi Perdagangan Federal ini ada hubungannya dengan persiapan penjualan saham perdana Facebook kepada publik yang nominalnya diprediksi mencapai 12 miliar dollar AS.

Menurut CEO sekaligus pendiri Facebook Mark Zuckerberg, langkahnya membeli Instagram menjadi bagian penting dari strategi meningkatkan produk Facebook versi mobile. Karena, saat ini semakin banyak konsumen yang mengakses jejaring sosial dari smartphone.

Beberapa investor telah memperingati Zuckerberg soal terbatasnya pendapatan iklan di Facebook versi mobile.

Namun, Zuckerberg tetap yakin pada pendiriannya. Ia melihat fakta bahwa Instagram tumbuh cepat, hingga awal Mei 2012 pengguna aplikasi editing dan sharing foto ini telah tembus 50 juta hanya dari pengguna perangkat mobile Android dan iOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Facebook akan menyelesaikan pembayaran 1 miliar dollar AS kepada Instagram pada kuartal dua tahun ini. Nilai akuisisi ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah Facebook mengakuisisi startup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.