Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah Busuk buat Atlet Olimpiade

Kompas.com - 05/06/2012, 19:22 WIB

NEW DELHI, Kompas.com - Pejabat-pejabat olahraga India terkejut dengan kondisi di pemusatan latihan gulat untuk Olimpiade 2012 London karena buah-buahan busuk dipersiapkan di dapur yang kotor, demikian laporan yang disampaikan pada Selasa.
    
Mantan perenang Khajan Singh, anggota tim panel monitoring dari kementerian olahraga, mengunjungi pemusatan latihan di Sonepat, 45 kilometer ke arah Utara dari New Delhi, di mana para pegulat sedang berlatih untuk Olimpiade London yang akan berlangsung bulan depan.
    
"Saya terkejut melihat buah-buahan busuk dipakai untuk membuat jus kondisi tidak bersih di dapur," kata Singh, peraih medali perak di Asian Games 1986 kepada The Hindustan Times.
    
"Tidak ada ahli medis atau ahli diet untuk melihat kualitas makanan yang disajikan. Para pegulat tidak mengeluh sebab mereka takut dicoret dari pemusatan latihan," jelas Singh.
    
Di antara para pegulat yang berlatih, salah satu di antaranya adalah Sushil Kumar, yang memenangi medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing, dan merupakan salah satu kandidat peraih medali untuk Olimpiade London yang akan dimulai pada 27 Juli.
    
Dengan 1,2 miliar penduduk dan pesatnya pertumbuhan ekonomi, India semestinya menjadi salah satu kekuatan besar di Olimpiade, namun mereka hanya meraih satu emas dan dua perunggu di Beijing 2008.
    
Para petinggi membentuk organisasi yang disebut ’Pencarian Medali Olimpiade’ pada 2001 untuk memperbaiki catatan negara tersebut, namun minimnya fasilitas dan pelatihan bagi para atlet masih menjadi masalah.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com