Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Akan Dukung Serangan Israel ke Iran

Kompas.com - 29/07/2012, 19:41 WIB

Calon presiden Amerika Serikat, Mitt Romney, mengatakan, ia akan mendukung Israel jika negara tersebut melancarkan aksi militer terhadap Iran.

Salah seorang penasihat Romney kepada para wartawan mengatakan, Israel harus mengambil tindakan terhadap Iran agar tidak mengembangkan senjata nuklir. Menurut penasihat Romney, jika pada akhirnya Israel menyerang Iran, Romney akan menghormati keputusan Israel.

Namun, penasihat Romney menambahkan, sebisa mungkin aksi militer terhadap Iran harus dihindari.

Penasihat ini mengatakan, Iran tidak boleh dibiarkan memiliki kemampuan mengembangkan senjata nuklir dan itu berarti Iran tidak boleh melakukan pengayaan uranium. Romney, capres dari Partai Republik, saat ini berada di Jerusalem untuk bertemu dengan para politisi Israel.

Wartawan BBC Mark Mardell mengatakan, Romney berpendapat para pemimpin Iran sedang menguji kesabaran Amerika Serikat dan Israel dan bahwa senjata nuklir Iran akan menjadi ancaman yang tidak bisa ditoleransi.

Mardell mengatakan, dengan pernyataan ini kubu Romney ingin dilihat memiliki kebijakan luar negeri yang lebih tegas dibandingkan dengan Presiden Barack Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com