Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kreativitas Mahasiswa

Permen Antioksidan dari Alpukat Buatan Mahasiswa

Kompas.com - 29/08/2012, 10:28 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengetahuan tentang kandungan antioksidan dalam buah alpukat membuat dua mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), berkreasi. Dengan memanfaatkan besarnya kandungan vitamin E, vitamin A serta kandungan falovonoid dan tanin pada buah alpukat, Fransiscus Iwan Susilo dan Niken Istikhari Muslihah pun membuat permen antioksidan.

Untuk membuat permen ini, keduanya harus membuat ekstrak etanol buah alpukat terlebih dulu. Dalam pembuatan ekstrak yang menghabiskan waktu hingga lima hari ini, mereka bisa mengetahui bahwa kadar antioksidan dari 500 gram buah alpukat berkisar di antara 8,6-14,13 persen tergantung pada konsentrasi ekstraknya.

Setelah itu, permen dibuat dengan cara memasak 200 ml ekstrak etanol buah alpukat hingga mendidih dan ditambahkan 50 ml air untuk menghilangkan etanol yang masih tertinggal dalam ekstrak tersebut. Cairan itu kemudian ditambahkan 100 gram gula dan 0,75 glukosa sehingga menyebabkan adonan mengental. Mereka menambahkan lima tetes essence di dalam adonan itu lalu mencetaknya sesuai bentuk yang diinginkan.

Hasil eksperimen ini dirangkum oleh Iwan dan Niken dalam laporan berjudul "Ekstrak Etanol Buah Alpukat (Persea Americana Mill) sebagai Bahan Dasar".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com