Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Terima Pencalonan, Janjikan Masa Depan Lebih Baik

Kompas.com - 07/09/2012, 10:58 WIB

CHARLOTTE, KOMPAS.com - Presiden Barack Obama menjanjikan masa depan yang lebih baik bagi rakyat AS saat dia menerima pencalonan Partai Demokrat untuk masa jabatan kedua pada Konvensi Nasional Partai Demokrat di Charlotte, Nort Carolina, Kamis (6/9/2012) malam waktu setempat.

Dalam sebuah pidato penting di konvensi itu di hadapan ribuan pendukung dan jutaan pemirsa televisi, dua bulan sebelum pemilihan pada 6 November mendatang, Obama tampak berupaya untuk menyalakan kembali gairah dukungan yang menghantarnya ke tampuk kekuasaan empat tahun lalu. Obama perlu menarik suara dari para pemilih yang belum menentukan pilihan, terutama dari mereka yang telah terpengaruh oleh pesannya yang inspiratif tentang harapan pada 2008, tapi sekarang merasa kecewa setelah keterpurukan ekonomi dan percekcokan politik yang berlarut-larut.
            
Obama meyakinkan mereka, "Masalah kita dapat diselesaikan, tantangan kita dapat diatasi. Ya, jalan kita lebih sulit tetapi jalan itu mengarah ke tempat yang lebih baik," katanya.

Obama hendak memberi pesan melalui konvensi itu bahwa Amerika berada di jalan menuju pemulihan, sementara penantangnya dari dari Partai Republik, yaitu Mitt Romney, akan menghidupkan kembali sejumlah kebijakan yang nyata-nyata gagal, memotong pajak untuk orang-orang kaya dan menyingkirkan program-program yang memungkinkan rakyat biasa Amerika punya kesempatan untuk meraih masa depan yang lebih sejahtera.

Partai Republik, yang telah menominasikan Romney pekan lalu, menyatakan bahwa tingkat pengangguran yang tinggi yaitu 8,3 persen merupakan bukti bahwa kebijakan Obama telah gagal. Sejumlah kebijakan pemerintahan Obama juga telah merugikan dunia usaha dan menyebabkan defisit anggaran federal melambung.
        
Kedua kandidat terlibat dalam persaingan yang ketat. Sejumlah jajak pendapat menunjukkan, Romney, seorang pengusaha kaya dan mantan gubernur Massachusetts, dinilai sebagai calon yang lebih baik untuk meningkatkan perekonomian, sementara Obama dipandang sebagai sosok yang lebih menyenangkan dan punya pemahaman yang lebih baik tentang kondisi sehar-hari rakyat Amerika.

Pidato Obama pada Kamis malam itu menjadi klimaks dari konvensi selama tiga hari tersebut. Ibu Negara Michelle Obama menjadi bintang pada hari pertama. Ia berbicara tentang asal-usul yang bersahaja dari suaminya dan kasih sayang bagi mereka yang berada dalam masa-masa sulit. Bill Clinton, mantan presiden yang populer yang memimpin AS memasuki tahun-tahun penuh kemakmuran, memberikan pidato yang meriah pada Rabu. Ia mendukung sejumlah kebijakan ekonomi Obama dan mendesak warga AS untuk tidak kembali kepada Partai Republik. Setelah pidato Clinton, Partai Demokrat secara resmi menyetujui pencalonan Obama.

Di antara para pembicara sebelum Obama pada hari Kamis adalah aktris Eva Longoria dan Wakil Presiden Joe Biden, yang secara resmi kembali dicalonkan. "Kami berada dalam sebuah misi untuk memajukan bangsa ini -dari keraguan dan kemunduran menuju kemakmuran," kata Biden dalam pidato penerimaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com