Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Polisi Vs KPK

Ini yang Dibahas Kapolri-Pimpinan KPK

Kompas.com - 08/10/2012, 16:08 WIB
Hindra Liauw

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto dan Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo membahas berbagai agenda hangat yang ramai diberitakan di media massa pada pertemuan di Wisma Negara, Jakarta, Senin (8/10/2012). Hal tersebut, di antaranya, institusi penegak hukum yang berhak menangani kasus dugaan korupsi simulator ujian SIM.

Selain itu, para pimpinan institusi penegak hukum juga membahas soal penyidikan terhadap penyidik KPK Kompol Novel Baswedan yang diduga melakukan tindak pidana serta penafsiran UU KPK dan turunannya. Sebelumnya, keduanya memiliki penafsiran yang berbeda tentang pihak yang berwenang menangani kasus simulator.

"Sudah diputuskan pihak yang berhak menangani kasus simulator, tetapi nanti Presiden yang akan menyampaikannya," kata Sudi kepada para wartawan di depan Wisma Negara, Jakarta, Senin.

Sudi mengatakan, pertemuan yang berlangsung sekitar 4,5 jam ini berlangsung produktif. Kedua institusi ini juga berhasil merumuskan kesimpulan dan solusi terkait konflik polisi-KPK yang terjadi selama ini.

"Kesimpulan ini bersifat konkret dan operasional," tambah Sudi.

Namun, ketika ditanya soal kesimpulan dan solusi yang berhasil dicapai, Sudi mengatakan, dirinya tak ingin mendahului Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Yang pasti, kedua institusi sepakat untuk melakukan upaya peningkatan pembahasan korupsi.

Pada malam ini, Presiden akan memberikan keterangan pers terkait memanasnya hubungan Polri-KPK di Istana Negara, Jakarta. 

Berita terkait polemik dua lembaga ini dapat diikuti dalam topik "Polisi vs KPK"

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com