Kompas.com - 12/10/2012, 14:02 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

lenovo IdeaCentre B520 ini oleh Lenovo disamakan dengan Iron Man

KOMPAS.com - Lenovo, menurut Gartner, akhirnya merajai pasaran PC dunia pada kuartal tiga tahun fiskal 2012 ini. Perusahaan asal China ini berhasil menggeser Hewlett-Packard (HP), perusahaan asal AS yang selama ini merajai penjualan PC dunia.

Menurut Gartner, pada kuartal ketiga tahun 2012, Lenovo akan mengapalkan sekitar 13,7 juta unit PC, meningkat 9,8 persen dari 12,5 juta unit pada kuartal yang sama tahun lalu.
gartner-pc-share-world-q3-2012
Lenovo merupakan satu dari dua perusahaan yang berhasil meningkatkan penjualan PC pada kuartal ketiga ini. Perusahaan kedua yang berhasil melakukan hal tersebut adalah Asus.

Berada di posisi ke-5, Asus berhasil mengapalkan 6,3 juta perangkat PC ke seluruh dunia. Nilai tersebut mengalami peningkatan 11,8 persen, jika dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun 2011. Pada saat itu, Asus mengapalkan 5,7 juta unit PC saja.

HP berada di posisi kedua dalam daftar yang diluncurkan oleh Gartner tersebut. Jumlah PC yang dikapalkan oleh HP sebenarnya tidaklah terlalu jauh dari Lenovo. Perusahaan yang berpusat di Sillicon Valley tersebut mengapalkan 13,5 juta unit PC di kuartal ini, menurun 16,4 persen dari kuartal yang sama tahun lalu. Tahun lalu, HP berhasil mengapalkan 16,2 juta unit PC ke seluruh dunia.

Data yang dilansir oleh Gartner tersebut sedikit berbeda dari data yang dilansir oleh IDC. Menurut IDC, HP masih menjadi pemimpin pasaran PC secara global.

Menurut IDC, HP telah berhasil memasarkan 13,9 juta unit PC ke seluruh dunia. Walaupun masih menjadi yang terdepan, HP memang mengalami penurunan drastis. Tahun lalu, HP berhasil mengapalkan 16,6 juta unit PC.

Sedangkan Lenovo mengapalkan 13,8 juta unit PC di kuartal ketiga ini. Jumlah market share antara HP dan Lenovo hanya berbeda 0,2 persen. Versi IDC, HP memiliki 15,9 persen market share pasaran PC global, sedangkan Lenovo menguasai 15,7 persen market share.

idc

 (Source: IDC)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.