Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rally Italia Sardegna 2012

Subhan Aksa Tercepat di SS ke-10

Kompas.com - 21/10/2012, 05:22 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

OLBIA, SARDINIA, KOMPAS - Pereli Indonesia Subhan Aksa meraih posisi pertama di special stage (SS) ke-10 kelas Production World Rally Championship (PWRC) kejuaraan reli dunia Rally Italia Sardegna 2012 di Sardinia, Italia, Sabtu (20/10/2012).

Wartawan Kompas Robert Adhi Ksp dari Olbia, Sardinia, Sabtu siang waktu setempat melaporkan, ketika menjalankan reli di SS ke-10 (Monti di Ala) sejauh 14,49 kilometer, Subhan Aksa mencatat waktu tercepat 10 menit 9,5 detik, lebih kencang 0,3 detik dari Michal Koesciuszko dari Polandia.

Dengan hasil ini, Subhan tetap mempertahankan posisinya di urutan ke-4. Hari Jumat malam sebelumnya, Subhan Aksa juga mencatat waktu tercepat kedua di kelas PWRC pada SS ke-8 (Monte Lerno) sejauh 29,20 kilometer dengan waktu 21 menit 6 detik. Hasil ini terpaut satu detik dari pemenang SS ke-8, Michael Kosciuszko dari Polandia.

Hasil yang diperoleh Subhan Aksa itulah yang mengangkat posisi pereli Indonesia itu naik satu tingkat ke posisi ke-4. Subhan Aksa bersama navigator barunya, Nicola Arena mampu memperbaiki posisi setelah berhasil merebut posisi ke-2 di SS ke-8. Kondisi jalan halus dan tricky sesuai dengan karakteristik mobil dan cara mengendara Subhan.

Subhan yang ditanya seusai menyelesaikan tiga special stage (SS ke-9, 10, dan 11) menjelaskan, kondisi track di SS ke-10 memang sesuai dengan karakteristik mobilnya dan cara dia mengendarainya. “Kondisi jalan mulus dan tidak terlalu menikung,” jelasnya.

Setelah tiga hari mengikuti kejuaraan reli dunia di Sardinia, perolehan waktu di SS ke-10 merupakan yang terbaik buat pereli Bosowa Rally Team itu.
Menurut Subhan, ia sempat melakukan setting suspensi, menyesuaikan dengan kondisi track yang lebih terbuka dan memungkinkan mobil melaju kencang.

Pertahankan posisi ke-4
Dengan keterpautan waktu yang relatif jauh, sekitar satu menit, dari pereli di urutan ketiga, Marcos Ligato, Subhan Aksa mengaku hanya ingin mempertahankan posisi keempat hingga hari terakhir kejuaraan reli dunia di Sardinia, hari Minggu ini.
“Ligato mencoba mengejar posisi kedua yang saat ini diduduki Gorban. Jadi tampaknya sulit mengejar posisi ketiga,” kata Subhan.

Di SS ke-9 (Coiluna-Loelle) sebelumnya, Subhan menempati posisi kelima tercepat dengan perolehan waktu 20 menit 9 detik.

Sementara di SS ke-11 (Monte Olia) sejauh 14,12 km, Subhan Aksa mengalami kecelakaan. Hal ini menyebabkan bagian kanan belakang mobil Mitsubishi Evo X yang dikendarainya bersama navigator Nicola Arena, mengalami kerusakan cukup parah.

“Ketika akan mengerem, mobil sliding pas di tikungan sehingga menabrak batu,” ungkap Subhan. Ia terus mengendarai mobil hingga remnya habis.

Sebelumnya pada Jumat malam pada SS ke-6 (Castelsardo) sejauh 14,12 km, Subhan Aksa sempat berhenti di tikungan. “Saya tidak mau memaksakan diri sehingga saya kehilangan waktu 7 detik,” jelasnya.

Di SS ke-7 (Tergu-Osilo) sejauh 14,88 km, Subhan mengaku suka dengan kondisi jalan yang disebutkannya mirip dengan kondisi jalan di Selandia Baru. Namun ia menjaga kondisi ban untuk stage berikutnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com