Apple Maps Gagal, Bos iOS Mengundurkan Diri

Kompas.com - 30/10/2012, 13:24 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Mashable Kepala divisi Apple iOS, Scott Forstall mengundurkan diri karena dianggap bertanggung jawab terhadap kegagalan Apple Maps.

KOMPAS.com — Dua petinggi senior Apple akan mengundurkan diri dari perusahaan produsen iPhone dan iPad tersebut. Pengumuman ini disampaikan secara resmi oleh Apple bersamaan dengan perubahan besar dalam manajemen mereka.

Dua petinggi Apple tersebut adalah Scott Forstall, kepala divisi aplikasi iOS, dan kepala ritel John Browett.

Seperti dikutip dari BBC, pengumuman pengunduran diri itu dilakukan menyusul masalah memalukan yang terjadi dalam software peta digital baru, Apple Maps, dan laporan hasil triwulan yang mengecewakan.

Sebagai informasi, Apple telah meluncurkan sistem operasi baru iOS6, dengan fitur antara lain peta yang bisa difungsikan sebagai navigasi satelit.

Berbeda dengan versi iOS terdahulu, iOS6 ini tidak memasukkan Google Maps dan Apple memilih membuat sendiri aplikasi peta. Namun, Apple Maps ini dinilai tidak seakurat peta Google.

Apple menghadapi kritikan setelah peranti lunak peta baru diluncurkan pada bulan lalu menunjukkan ketidakakuratan dan kesalahan menempatkan kota-kota.

Kasus itu menyebabkan CEO Apple, Tim Cook, meminta maaf kepada para kosumennya dan sejumlah kritik juga diarahkan kepada Forstall yang merupakan petinggi di balik pembuatan aplikasi Apple Maps.

Kedudukan Forstall di Apple sebenarnya sangat penting. Dia merupakan salah satu petinggi Apple yang dipercaya sebagai salah satu penasihat CEO Apple, Tim Cook. Forstall yang sudah bergabung dengan Apple sejak 1997 bisa disebut sejajar dengan perancang produk-produk Apple, Jonathan Ive.

Seperti dikutip dari Reuters, Forstall selain bertanggung jawab terhadap kegagalan Apple Maps, ia juga dianggap gagal mengembangkan aplikasi asisten suara Siri.

Forstall akan meninggalkan Apple pada tahun 2013 dan untuk sementara waktu dia akan menjadi penasihat Tim Cook. Sedangkan John Browett akan langsung mengundurkan diri.

Browett ditarik Apple dari perusahaan elektronik Inggris, Dixons, enam bulan yang lalu. Ia bertugas mengurangi staf di toko-toko milik Apple.

Upaya untuk mencari pengganti Browett telah dilakukan, dan sementara waktu toko-toko akan menyampaikan laporan langsung kepada Tim Cook.

Berita terkait seputar peta digital Apple dapat diikuti di liputan khusus "Apple Maps Mengecewakan"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.