Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Detik Video Tak Muncul, "Netter" Langsung Kabur

Kompas.com - 13/11/2012, 10:08 WIB

oik yusuf/ kompas.com
KOMPAS.com - Penguna internet (netter) cenderung hanya bersabar selama dua detik untuk menunggu proses buffering sebelum menonton sebuah video di internet.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil riset ahli komputer di University of Massachusetts (UMass) Amherst, AS.

"Temuan kami pada penundaan tayangan (video) menunjukkan bahwa semakin penundaan (terjadi) menyebabkan semakin (video itu) ditinggalkan," kata Dosen Ilmu Komputer UMass Amherst, Ramesh K. Sitaraman, dalam situs resmi kampus itu.

Sitaraman menjelaskan penambahan satu detik proses buffering video akan meningkatkan rasio pengabaian sebesar 5,8 persen.

Penelitian itu juga menguji dampak kegagalan kunjungan video online dan menunjukkan pengunjung yang mengalami kegagalan cenderung penayangan tidak akan kembali ke situs penyedia video itu.

"Secara khusus, kami memperlihatkan kegagalan kunjungan akan menurunkan (tingkat) pengulangan penonton untuk kembali (sebuah situs) dalam seminggu sebesar 2,32 persen," kata Sitaraman.

Dia menekankan perubahan kecil perilaku penonton (video dalam jaringan) menyebabkan perubahan besar dalam keuntungan perusahaan.

"Karena dampak dari beberapa persen dari puluhan juta pengunjung akan berakibat besar selama beberapa waktu," kata Sitaraman.

Sitaraman, dalam penelitiannya, melibatkan 23 juta data video yang ditonton oleh sekitar 6,7 juta pengunjung unik. (ANT)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com