Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Exynos Bikin "Lubang" di Galaxy S III

Kompas.com - 18/12/2012, 13:27 WIB

engadget.com

KOMPAS.com - Sejumlah perangkat andalan Samsung, termasuk Galaxy S III dan Galaxy Note, dilaporkan memiliki celah keamanan berbahaya yang membuat mereka berpotensi diambil alih atau dirusak oleh peretas (hacker).

Menurut anggota forum XDA Developer bernama Alephazin yang dikutip oleh PhoneArena, kelemahan itu terkait dengan tipe prosesor Exynos 4210 dan 4412 yang digunakan di perangkat-perangkat tersebut.

Dengan memanfaatkan celah keamanan ini, hacker yang berniat tidak baik bisa menghapus memori perangkat, mengambil alih, atau membuatnya tidak berfungsi melalui aplikasi Android apa saja.

Anggota XDA lain bernama Chairfire membuat cara rooting dengan satu klik yang memanfaatkan celah keamanan itu

Perangkat Samsung yang berpotensi memiliki celah keamanan ini termasuk Galaxy S II (GT-I9100), Galaxy S III ( GT-I9300), Galaxy S III LTE (GT-I9305), Galaxy Note (GT-N7000), Galaxy Note II (GT-N7100), dan Galaxy Note 10.1 (GT-N8000 dan GT-N8010).

Samsung telah diberitahu soal masalah keamanan ini dan seharusnya akan segera merilis patch untuk memperbaiki isu tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com