Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WP8 "Kurang Tinggi", Ponsel Layar Jumbo HTC Batal

Kompas.com - 19/12/2012, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Gara-gara Windows Phone 8 tidak mendukung resolusi layar lebih dari 1280 x 720, HTC membatalkan rencana membuat perangkat berlayar besar dengan sistem operasi mobile teranyar Microsoft tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh seorang sumber yang tak mau disebut namanya, sebagaimana dilansir oleh Bloomberg.

HTC sedianya akan memperkenalkan perangkat Windows Phone 8 berlayar lebar itu pada 2013 untuk bersaing dengan Galaxy Note dari Samsung yang sama-sama memiliki layar berukuran besar.

Seandainya jadi dibuat, perangkat Windows Phone 8 HTC bakal memiliki tingkat resolusi lebih rendah dibandingkan smartphone dan tablet Android yang bisa mendukung resolusi hingga 1920x1080.

Di samping keterbatasan itu, Microsoft juga disebutkan melimitasi jenis prosesor yang bisa digunakan oleh produsen perangkat seperti HTC.

Keputusan yang dikeluarkan oleh CEO HTC Peter Chou itu praktis membuat HTC hanya memiliki pilihan berupa platform Android untuk perangkat dengan bentang layar 5 inci atau lebih. Microsoft selaku pemilik sistem operasi Windows Phone 8 pun kehilangan sejumlah peluang untuk merebut pangsa pasar dari dua pemain dominan di segmen mobile, Google (Android) dan Apple.

Sumber Bloomberg juga menyatakan bahwa HTC menilai gadget berlayar lebar dengan sistem operasi Windows Phone 8 tidak kompetitif dibandingakn perangkat Android dari Samsung, HTC sendiri, dan para produsen lainnya.

Di Amerika Serikat, HTC mencoba meraih pangsa pasar lewat Droid DNA, smartphone Android yang menawarkan layar 5 inci dan resolusi full-HD (1920x1080).

Produsen ini pun memiliki dua model smartphone berbasis Windows Phone 8, yaitu HTC Windows Phone 8X dan Windows Phone 8S. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com