Kompas.com - 31/12/2012, 12:28 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Canon Ixus 240 HS (kiri) & Ixus 510 HS (kanan).

KOMPAS.com - Megapiksel besar memang tidak selalu menjamin kualitas foto yang diambil dari sebuah kamera. Namun, besarnya sensor gambar selalu menjadi pertimbangan utama konsumen dalam memilih kamera.

Hingga saat ini, mayoritas kamera saku yang beredar di pasaran memang belum dilengkapi dengan sensor gambar dengan megapiksel yang besar. Keputusan tersebut diambil oleh para produsen demi menjaga kualitas foto.

Namun, permintaan pasar untuk produk kamera saku dengan megapiksel tinggi selalu ada.

Ingin menjawab kebutuhan tersebut, Toshiba akan meluncurkan sebuah sensor gambar sebesar 20 megapiksel. Sensor ini diklaim sebagai yang tertinggi di antara produk sejenis.

Dikutip dari PCWorld, Sabtu (28/12/2012), sensor ini dapat mengambil gambar 30 frame per detik pada resolusi tertinggi. Produk ini juga dapat mengambil video 60 frame per detik pada resolusi 1080p atau 100 frame per detik pada resolusi 720p.

Selain itu, piksel yang ada di chip ini juga sudah didesain lebih baik dari generasi sebelumnya, menjanjikan hasil foto yang lebih baik.

Produk ini pun sudah nyaris usai. Toshiba mengungkapkan akan mengirimkan sample dari chip CMOS ini mulai bulan depan. Produksi massalnya pun akan dimulai pada Agustus 2013 dengan jumlah produksi 300.000 unit per bulannya.

Apakah dengan hadirnya chip ini, para konsumen akan mulai bisa menikmati kamera saku dengan sensor gambar yang besar? Kita tunggu saja!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X