Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Menurun, Android "Roti Jahe" Tetap Mendominasi

Kompas.com - 05/01/2013, 08:28 WIB

Wicak Hidayat/Kompas.com

KOMPAS.com - Adopsi sistem operasi mobile Android 2.3 (Gingerbread) mengalami sedikit penurunan di awal 2013. Walau sedikit menurun, "Roti Jahe" masih mendominasi adopsi sistem operasi tersebut.

Demikian hasil survei yang dilakukan Google terhadap perangkat Android yang mengunjungi toko aplikasi Google Play Store dalam 2 pekan sampai 3 Januari 2013.

 

Developer Android

Menurut data Google di situs web Android Developer sistem operasi Android 2.3 menurun, dari angka 50,6 persen di periode sebelumnya, menjadi 47,6 persen di periode ini.

Walaupun turun hingga di bawah 50 persen, Gingerbread tampaknya masih akan cukup lama menguasai pasaran Android. Masih banyak vendor yang mengirimkan perangkat mereka dengan sistem operasi tersebut ke pasaran.

Sedangkan Android versi yang lebih baru, 4.1 dan 4.2 (Jelly Bean) mulai mengalami pertumbuhan signifikan. Di periode ini, tingkat adopsi Jelly Bean telah mencapai 10,2 persen. Peningkatan dari angka 6,7 persen di Desember 2012.

Peningkatan ini disebabkan lakunya perangkat-perangkat yang telah berbasis sistem operasi ini, seperti Samsung Galaxy S3, HTC One X, dan beberapa merek perangkat Google, seperti Nexus 7 dan Nexus 10.

Selanjutnya, Android 2.2 (Froyo) meraih 9 persen dan Android 2.1 (Eclair) dengan 2,4 persen.

Sebentar lagi, pengguna tampaknya akan segera berhenti menggunakan Android versi 1. Hal ini tampak dari sudah menghilangnya data dari Android 1.5 (Cupcake). Sedangkan Android 1.6 (Donut) tinggal menyisakan 0,2 persen pengguna saja.

 

Developer Android

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com