Kompas.com - 16/01/2013, 12:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Tingkat penjualan perangkat tablet di tahun 2012 dinilai sudah cukup tinggi. Pada tahun tersebut, diperkirakan ada 130 juta perangkat tablet yang terjual ke seluruh dunia.

Di tahun 2013, penjualan perangkat tablet diprediksi akan tetap tinggi, bahkan mampu jauh melebihi penjualan di 2012. Menurut sebuah sumber dari industri tablet, penjualan perangkat ini diperkirakan akan menyentuh angka 170 hingga 180 juta pada penghujung tahun 2013.

Tablet berlayar 9 inci ke atas menjadi raja pada tahun 2012 yang lalu. Menurut data dari IHS iSuppli, seperti dikutip dari Digitimes, Rabu (16/1/2013), pemasaran perangkat tersebut naik 35 persen ke angka 73,4 juta unit. Dengan nilai tersebut, tablet dengan spesifikasi ini memiliki 59 persen pangsa pasar secara global.

Adapun tablet dengan layar 7 inci hanya memegang sekitar 32 hingga 33 persen pangsa pasar pada 2012.

Pada 2013, pangsa pasar tablet 7 inci diyakini akan mampu mengalahkan tablet 9 inci ke atas. Menurut IDC, tablet 7 inci akan mendominasi pasaran dengan memegang 60 persen pangsa pasar.

Perangkat tablet 7 inci milik Google dan Amazon masing-masing diperkirakan akan terjual 10 juta unit, bahkan lebih, di 2013. Perangkat tablet Android murah dari Acer yang diperkenalkan di ajang CES 2013 yang lalu, Iconia B1, juga akan mendapatkan perhatian dari para konsumen.

Produk tablet Samsung juga akan mengalami peningkatan di tahun 2013, yang dalam hal ini perusahaan asal Korea tersebut akan mengirimkan 30 juta perangkat tablet ke seluruh dunia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.