Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Ciledug Indah 2 Butuh Karbol

Kompas.com - 19/01/2013, 09:46 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Para warga korban banjir di Ciledug Indah 2 dan sekitarnya membutuhkan bantuan karbol untuk membersihkan rumah pascabanjir.

"Kami butuh banyak karbol untuk membersihkan rumah bekas genangan banjir," ujar seorang pengungsi ibu rumah tangga, Tuti, saat ditemui di pengungsian Tangerang, Sabtu (19/1/2013).

Tuti bersama ratusan pengungsi korban banjir Ciledug Indah 2 menempati tempat pengungsian di masjid dan tempat umum sekitar sejak Selasa (15/1/2013) ketika air di Kali Angke mulai tinggi.

Selama mengungsi, Tuti mengaku mendapat bantuan makanan, susu bayi, dan obat-obatan yang memadai. "Kalau makanan kita banyak mendapat bantuan, bahkan berlebih. Jadi tidak ada masalah," kata Tuti.

Demikian pula dengan obat-obatan, para pengungsi bahkan disediakan dokter yang siaga pagi dan sore untuk memeriksa kondisi kesehatan mereka.

Senada dengan Tuti, warga pengungsi lain, Ice, mengatakan bahwa kebutuhan makanan sangat terpenuhi. Dia lebih mengkhawatirkan kondisi pascabanjir. "Barang-barang kami tenggelam semua. Kami tidak dapat dengan cepat mencuci baju dan lain-lain," kata Ice.

Menurut Ice, selain karbol, para pengungsi juga membutuhkan dana untuk masa pemulihan pascabanjir, seperti membetulkan bagian-bagian rumah yang rusak dan barang-barang yang tergenang.

Sementara itu, fasilitas berupa matras, tikar, toilet umum, dan selimut dirasa cukup. Namun, dapur umum yang disediakan Koramil tidak berfungsi karena makanan berlimpah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com