Kompas.com - 12/02/2013, 07:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Facebook

KOMPAS.com - Facebook boleh dikatakan sudah sering berhadapan dengan kasus hukum. Bahkan, kasus hukum adalah dasar bagi film 'The Social Network' -- yang mengisahkan pendirian jejaring sosial tersebut.

Tapi. kasus yang satu ini cukup janggal, karena perusahaan itu digugat programmer yang sudah wafat.

Seperti diberitakan oleh ReadWrite, Facebook digugat oleh programmer asal Belanda bernama Joannes Jozef Everadus Van der Meer, yang sudah meninggal sejak 2004.

Tentunya Facebook bukan digugat oleh hantu. Namun ia digugat oleh perusahaan bernama Rembrandt Social Media yang memiliki paten -- dan bertindak atas nama -- mendiang Van der Meer.

Van der Meer memiliki dua paten software di AS yang, menurut pengacaranya, telah dilanggar oleh Facebook.  Paten tersebut adalah paten No. 6,415,316 (Method and apparatus for implementing a web page diary) dan No. 6,289,362 (System and method for generating, transferring and using an annotated universal address).

Paten yang pertama disebut telah dilanggar oleh fitur Timeline di Facebook. Sedangkan yang kedua, disebut telah dilanggar oleh tombol Like.

Entah seberapa kuat gugatan ini sebenarnya. Namun Rembrandt Social Media tampaknya serius ingin memenangkannya.

Mereka bahkan telah menunjuk firma pengacara Fish & Richardson, yang dikenal kuat di bidang hak kekayaan intelektual. Klien Fish & Richardson sebelum ini termasuk Alexander Graham Bell, Thomas Edison dan Wright bersaudara.

Akankah gugatan ini cepat berlalu? Atau, seperti banyak kasus kekayaan intelektual, akan menjadi pertarungan yang panjang di meja hijau?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.