Kompas.com - 05/03/2013, 11:51 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kunci keberhasilan sebuah sistem operasi mobile adalah ketersediaan aplikasi. Untuk meraih sukses itu, BlackBerry sedang gencar membangun ekosistem aplikasi untuk BlackBerry 10, tak terkecuali di Indonesia.

BlackBerry terus merayu pengembang aplikasi di Indonesia untuk membangun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Aplikasi lokal sangat penting, mengingat BlackBerry memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia.

Developer Relation BlackBerry Indonesia Muhammad Sumyandityo Noor, mengatakan, saat ini sudah ada 4.000 aplikasi asal Indonesia yang tersedia di toko aplikasi BlackBerry World. Jumlah itu adalah hasil dari perjalanan panjang BlackBerry Indonesia dalam menyelenggarakan kompetisi dan workshop pembuatan aplikasi sejak Juli 2012.

"Kami akan terus menambah jumlah itu, kami punya banyak program pengembangan aplikasi," kata pria yang akrab disapa Didiet itu.

Selain membentuk BlackBerry Innovation Center di Institut Teknologi Bandung sebagai pusat pengembangan aplikasi BlackBerry, Didiet dan tim juga akan menggelar program akademik di universitas negeri dan swasta untuk workshop pembuatan aplikasi BlackBerry 10.

Didiet terobsesi untuk meningkatkan kualitas aplikasi lokal. "BlackBerry akan membuat sistem sertifikasi kualitas aplikasi di Indonesia dan dunia," tegasnya. Aplikasi-aplikasi itu juga dimaksimalkan untuk BlackBerry model keyboard fisik format QWERTY.

Di sela acara peluncuran BlackBerry Z10 di Jakarta, Senin (4/3/2013), perusahaan asal Kanada ini menegaskan total aplikasi yang tersedia di BlackBerry World mencapai 70.000. Sekitar 1.000 di antaranya adalah aplikasi populer kategori game, multimedia, penerbitan media, bisnis dan produktivitas, sosial, olahraga dan gaya hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.