Galaxy "Tizen" Secanggih S4 Meluncur Agustus

Kompas.com - 18/03/2013, 10:42 WIB
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Samsung kembali membeberkan sedikit informasi mengenai produk smartphone berbasiskan sistem operasi Tizen.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Lee Young-hee, Executive Vice President of Mobile Samsung, mengungkapkan, perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan meluncurkan sebuah  high-end di tahun 2013 ini.

Nantinya, ponsel Tizen ini akan diposisikan setara dengan dua smartphone high-end Samsung lainnya, yaitu Galaxy S4 dan Galaxy Note versi baru.

"Perangkat ini akan menjadi produk terbaik yang dilengkapi dengan spesifikasi terbaik," kata Lee Young-hee, seperti dikutip dari The Verge, Senin (18/3/2013).

Konsumen yang sudah berharap untuk membeli atau setidaknya mencoba perangkat ini pun tidak perlu menunggu terlalu lama. Samsung berencana untuk menghadirkan produk Tizen tersebut ke pasaran pada Agustus atau September 2013 mendatang.

Keputusan Samsung untuk menghadirkan ponsel high-end berbasis Tizen tidak terduga sebelumnya. Pasalnya, "akar" dari sistem operasi Tizen ini adalah Bada dan MeeGo, dua sistem operasi mobile yang kebanyakan digunakan di perangkat ponsel kelas low dan mid range.

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.

Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation. Selain itu, Fujitsu, NEC, Huawei, Panasonic, juga telah bergabung dalam proyek Tizen. Dari sektor operator seluler, Tizen didukung oleh NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT.

Tizen diharapkan menjadi sistem operasi mobile alternatif selain iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry 10, yang sudah eksis di pasar global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.