Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Bunga KPR AS Turun

Kompas.com - 19/04/2013, 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tingkat suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Amerika Serikat mengalami penurunan pada pekan ketiga bulan April ini. Penurunan tersebut semakin mendekati rekor terendah yang dapat membantu memulihkan sektor properti perumahan Negeri Paman Sam ini.

Freddie Mac, lembaga pembiayaan perumahan setempat, mengeluarkan pernyataan bahwa tingkat suku bunga tetap untuk tenor pinjaman 30 tahun adalah rata-rata sebesar 3,4 persen, turun dari angka sebelumnya 3,43%. Meski sedikit, penurunan juga dialami tingkat suku bunga tetap untuk tenor 15 tahun, dari 2,65% berubah menjadi 2,64%.

Sedangkan posisi tingkat suku bunga pinjaman tak tetap untuk tenor 30 tahun rata-rata sebesar  3,31% di bulan November pada tahun lalu. Sedangkan suku bunga tak tetap KPR 15 tahun membukukan rekor terendah yakni "jatuh" ke angka 2,63%.

Saat ini pasar perumahan tapak merupakan sektor yang cerah dan prospektif di Amerika Serikat, terlihat dari kurva pertumbuhan menuju level moderat. Tingkat suku bunga yang terus mendekati catatan terendah ini memacu pembelian rumah yang pasoknya justru terbatas.

Assosiasi Bank Penyalur Pinjaman (The Mortgage Banker Association) melaporkan indeks permohonan KPR  menunjukkan peningkatan 3,9% selama minggu kedua April ini menuju posisi tertinggi sejak Mei 2010. Pembiayaan pun secara langsung meningkat 5,2%.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com