Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Mau Beli "Gudang" Serial TV

Kompas.com - 28/05/2013, 08:20 WIB

KOMPAS.com - Yahoo tampaknya belum puas berbelanja. Setelah berhasil mengakuisisi Tumblr, Yahoo dikabarkan telah mengajukan tawaran untuk membeli layanan streaming video Hulu.

Dikutip dari AllThingsD, Senin (27/5/2013), Yahoo menawarkan uang sebesar 600 hingga 800 juta dollar AS, tergantung konten dan perjanjian lisensi dari akuisisi ini.

Jika tawaran ini berhasil, Hulu akan menjadi perusahaan selanjutnya yang diakuisisi oleh Yahoo tahun ini. Sebelumnya, Yahoo sudah berhasil mengakuisisi Tumblr dan perusahaan buatan anak remaja 17 tahun, Summly.

Dana yang digunakan pun cukup besar. Tumblr diakuisisi dengan nilai sebesar 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 10,7 triliun. Tidak diketahui berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli Summly. Namun, kemungkinan besar D'Aloisio telah menjadi jutawan muda baru dengan menerima 30 juta dollar AS langsung dari Yahoo.

Hulu merupakan perusahaan penyedia layanan streaming video yang dimiliki oleh tiga perusahaan raksasa media, News Corp, Disney, dan Comcast.

Berbeda dengan YouTube, Hulu sudah menawarkan layanan video berbayar sejak dulu. Salah satu layanan andalannya adalah acara serial TV. Total, terdapat 70.000 video dari berbagai judul film TV yang ada di server Hulu.

Pendapatan layanan tersebut pun cukup besar. Hulu berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 695 juta dollar AS yang berasal dari iklan dan layanan video berbayar pada tahun 2012 lalu. Saat ini, ia memiliki 4 juta pengguna berbayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com