Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2013, 11:39 WIB
EditorReza Wahyudi

Dokumentasi Nokia Indonesia Stan pameran Nokia di Indonesia Cellular Show 2013

KOMPAS.com — Kepala Bisnis Produk Konsumen Huawei Richard Yu, beberapa hari lalu, mengatakan kepada Financial Times bahwa perusahaannya berniat mengakuisisi Nokia. Namun, kabar ini dibantah oleh petinggi Huawei lainnya.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/6/2013), produsen perangkat telekomunikasi asal China ini mengatakan, "Tidak memiliki rencana untuk mengakuisisi Nokia." Bantahan ini dilontarkan oleh Wakil Presiden Urusan Eksternal Huawei Bill Plummer.

Nokia sendiri enggan mengomentari isu itu.

Padahal, sebelumnya, Richard Yu mengatakan bahwa Huawei sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi Nokia. "Mungkin kombinasi memiliki beberapa sinergi. Namun, itu tergantung pada kesediaan Nokia. Kami berpikiran terbuka," ujar Yu.

Ia pun mengomentari bahwa sistem operasi Windows Phone yang dipakai pada jajaran produk Nokia Lumia masih memiliki pangsa pasar yang kecil secara global.

Berdasarkan data lembaga riset Gartner, Huawei menjadi produsen ponsel terbesar keempat di dunia pada kuartal pertama 2013, setelah Samsung, Apple, dan LG. Huawei berhasil menjual 9 juta ponsel, yang sebagian besar terjual di China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.