Kompas.com - 17/10/2013, 14:33 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com — Facebook akhirnya mengizinkan remaja untuk memublikasi status terkini atau konten lain kepada publik yang lebih luas. Remaja cukup mengatur kolom Audiens untuk menentukan kepada siapa konten tersebut bisa dilihat.

Pengaturan Audiens bagi pengguna dengan rentang usia 13 sampai 17 tahun, awalnya berada pada pilihan "Friends" atau kelompok teman terbatas. Nah, kini ada pillihan agar konten tersebut dapat dilihat oleh "Public".

"Walaupun mungkin tidak banyak anak muda yang ingin posting secara terbuka kepada publik, perubahan ini akan memberi pilihan bagi mereka untuk berbagi secara lebih luas, seperti media sosial lainnya. Remaja ingin didengar," tulis Facebook dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Facebook menegaskan bahwa setiap remaja yang ingin memublikasi konten ke publik bakal mendapat peringatan bahwa publikasi ini bisa dilihat oleh semua orang, bukan hanya teman yang mereka kenal. Di sini juga masih ada pilihan untuk mengubah keputusan.

Selain itu, pengguna berusia 13 sampai 17 tahun juga bisa mengaktifkan pengaturan Followers (tersedia di fitur Privacy Setting) yang memungkinkan seseorang untuk mengikuti publikasi terbuka untuk publik pada halaman News Feed.

Sejak dahulu, Facebook memang selalu memberi pilihan untuk menentukan kepada siapa saja mereka ingin berbagi status ataupun konten. Facebook mengklaim, hal ini dilakukan untuk menghormati privasi pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.