Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Winamp Ditutup 20 Desember, Microsoft Bergerak

Kompas.com - 23/11/2013, 13:25 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com — Aplikasi dan semua layanan yang terkait dengan pemutar media legendaris tersebut, termasuk situs Winamp.com, dijadwalkan tutup pada 20 Desember mendatang. Pengumuman bahwa Winamp akan segera ditutup dirilis pada Kamis (21/11/2013) lalu.

Kemudian datanglah kabar bahwa Microsoft tertarik membeli Winamp. Sebagaimana dilaporkan TechCrunch, raksasa software ini disinyalir sedang terlibat pembicaraan dengan AOL selaku pemilik Winamp untuk membeli layanan tersebut berikut dengan Shoutcast.

AOL membeli Nullsoft, pencipta Winamp, seharga 80 juta dollar AS pada 1999. Shoutcast adalah layanan streaming radio internet yang juga dikembangkan oleh Nullsoft.

Belum diketahui apa gerangan motivasi Microsoft membeli kedua layanan itu, kalaupun kabar ini benar adanya. Yang jelas, apabila pembelian sungguh terjadi, maka ada kemungkinan bahwa Winamp bisa terus "eksis".

Winamp adalah pemutar media yang pernah sangat populer di kalangan pengguna PC karena dukungan format audio yang sangat luas, berikut opsi customize, skin plug-in, visualisasi, dan fitur-fitur lain yang ditawarkannya.

Akan tetapi, kejayaan software yang telah berumur lebih dari 15 tahun ini perlahan-lahan meredup, hingga kemudian AOL mengumumkan bakal menutupnya. Aol tidak menjelaskan alasan di balik penutupan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.