Speedup Incar Pasar Global, Ajak Konten Lokal

Kompas.com - 17/04/2014, 14:12 WIB
Dua model memeragakan perangkat Speedup Smartwatch yang diluncurkan di Indonesia pada Rabu (16/4/2014) di Excelso, Senayan City. Wicak Hidayat/KompasTeknoDua model memeragakan perangkat Speedup Smartwatch yang diluncurkan di Indonesia pada Rabu (16/4/2014) di Excelso, Senayan City.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Speedup, penyedia gadget merek lokal, telah mulai melebarkan sayapnya ke pasar global. Namun tak lupa, konten aplikasi lokal ikut diboyong ke pasar luar negeri.

Hal itu dikemukakan Taufan Wijaya Sakti, Direktur Penjualan PT. SpeedUp Technology, saat berbincang dengan wartawan usai peluncuran Speedup Smartwatch di Excelso, Senayan City, Rabu (16/4/2014).

"Dari konten aplikasi yang di-bundling, kami minta 10-20 persennya adalah konten Indonesia. Jadi kita harus bawa juga konten Indonesia biar bermain di level global," ujarnya.

Skema bisnis Speedup di pasar luar negeri mirip dengan yang dilakukannya di Indonesia, yaitu melalui kerjasama dengan distributor atau operator. Dengan demikian, lanjut Taufan, hal-hal seperti layanan purna jual dan lain-lain akan sesuai dengan yang dimiliki oleh mitra mereka yang memang sudah memiliki infrastruktur di sana.

Beberapa pasar yang sudah mulai dirambah Speedup termasuk Amerika Serikat, Sri Lanka, dan Afrika. Mereka juga mengaku sedang menjajaki pasar Eropa.

"Kami mau jadi pemain dengan merek lokal namun tidak hanya memikirkan pasar lokal saja. Sudah saatnya untuk go global juga," kata Rahmad Widjaja Sakti, Direktur Produk dan Pemasaran PT Speedup Technology.

Rahmad mengakui kerjasama Speedup dengan developer lokal saat ini sudah terjalin dengan baik. Termasuk, ujarnya, untuk produk di kategori yang relatif baru seperti wearable. Saat ini Speedup memang telah menghadirkan perangkat jam tangan pintar dengan basis Android.

Rahmad mengatakan timnya sangat terbuka untuk kerjasama dengan developer lokal. Ia mencontohkan salah satu developer yang mengembangkan Quran digital dan pengingat waktu ibadah untuk Speedup Smartwatch. "Mereka (developer) yang punya keahlian di pengembangan aplikasi. Mereka bisa hadirkan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.