Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2014, 11:01 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Keputusan berani Apple melawan "wasiat" Steve Jobs yang ogah mengeluarkan iPhone dengan layar besar mulai menunjukkan hasil positif.

Bagaimana tidak, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang memiliki layar jumbo ini mampu mendongkrak pangsa pasar smartphone Apple sekaligus menggerus market share dari Android.

Kesimpulan tersebut didapatkan oleh perusahaan survei Kantar WorldPanel ComTech dari hasil survei selama dua belas pekan yang berakhir pada 31 Oktober 2014 yang lalu.

Berdasarkan hasil survei tersebut, jumlah penjualan iPhone meningkat drastis dalam sebulan, dari September 2014 hingga Oktober 2014. Seri iPhone 6 sendiri baru dirilis pada pertengahan September 2014.

Atas dasar itu, dengan membandingkan masa peluncuran dengan periode survei, Kantar kemudian menyimpulkan bahwa seri iPhone 6 yang mendorong peningkatan pangsa pasar.

Masih menurut Kantar, peningkatan terbesar pangsa pasar ponsel berbasis iOS tersebut terjadi di Inggris. Penjualan iPhone 6 pada periode tersebut diyakini mendorong pangsa pasar iPhone hingga 10,4 persen ke angka 39,5 persen.

Sementara, dalam tiga bulan tersebut, pangsa pasar Android sedikit menurun dari 61,1 persen ke 52,3 persen.

"Apple telah mengalami lompatan besar dalam hal penjualan di hampir semua pasar utama berkat peluncuran iPhone 6. Peningkatan ini secara khusus terjadi di Inggris di mana Apple kini mendapatkan market share terbesarnya dari selama ini dengan 35,9 persen," tulis Dominic Sunnebo, Strategic Insight Director di Kantar WorldPanel ComTech, seperti KompasTekno kutip dari ZDNet, Kamis (4/12/2014).

Apa alasan pengguna smartphone di Inggris untuk beralih ke iPhone 6? Menurut Dominic, sekitar 51 persen pembeli perangkat tersebut karena perangkat ini akhirnya sudah dilengkapi dengan dukungan terhadap jaringan 4G. Sekitar 49 persen memutuskan untuk membeli karena ukuran layar dan sekitar 45 persen dari desainnya.

Selain itu, pangsa pasar iPhone juga melonjak di Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol, di mana penjualan gabungan di negara-negara tersebut meningkat hingga 20,7 persen. Pangsa pasar Android sendiri menurun 2,6 persen menjadi 69,4 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber ZDNet

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.