Android 5.1 Punya "Kunci" yang Lebih Pintar

Kompas.com - 23/03/2015, 13:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Smart Lock Android

KOMPAS.com - Pengguna smartphone berbasis Android 5.1 Lollipop bisa memakai perangkatnya tanpa perlu bolak-balik melakukan proses "unlock", tiap kali hendak melongok layar. Ini karena Google menerapkan fitur "kunci pintar" di sistem operasi itu.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Digital Trends, Senin (23/3/2014), fitur bernama "on-body detection" yang disematkan dalam menu Smart Lock tersebut bisa mendeteksi jika ponsel sedang dibawa oleh pengguna, termasuk saat dimasukkan dalam kantung pakaian.

Dalam situasi di atas, Smart Lock akan menonaktifkan kunci (PIN atau pattern) perangkat sehingga tak perlu dibuka berulang-ulang oleh pengguna. Kunci pengaman akan kembali diaktifkan ketika perangkat sedang tidak berada di tangan pengguna.

Electronista
Penjelasan fitur on-body detection pada Android 5.1

Implementasi kunci pengaman dengan cara baru ini disebut bakal mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi di ponsel.

"Cukup buka kunci sekali, dan perangkat akan selalu tidak terkunci ketika Anda sedang memegang atau membawanya," bunyi penjelasan di layar setting on-body detection di Android 5.1. "Perangkat akan kembali terkunci kapanpun Anda menaruhnya karena sedang tidak dibawa."

Selain itu, Smart Lock juga bisa menonaktifkan kunci perangkat ketika berada dalam situasi tertentu, misalnya ketika pengguna berada di rumah atau saat perangkat tersambung dengan perangkat Bluetooth semisal tape deck di mobil.

Belum diketahui perangkat Android 5.1 mana saja yang akan kebagian fitur on-body detection. Sejauh ini fitur tersebut dilaporkan berada di smartphone Nexus 4, 5, dan 6.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.