Startup Korea Gandeng Kartunis Indonesia

Kompas.com - 07/04/2015, 16:06 WIB
Komik strip JokerSyndicateKomik strip "Shop Till Drop" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Korea
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Komik strip

KOMPAS.com - Sindikasi kartunis Indonesia JokerSyndicate akan mendistribusikan komik-komik karya para pengarangnya melalui layanan jejaring sosial baru asal Korea Selatan, People Gate.

Kerjasama yang diresmikan melalui penandatanganan kontrak pada hari Senin (6/4/2015) tersebut diharapkan bisa membuka pasar bagi kartunis-kartunis Indonesia di Korea Selatan.

Dalam hal ini JokerSyndicate bertindak sebagai penyedia konten, sementara Peoplegate menyediakan pemasaran melalui aplikasi jejaring sosial miliknya.

Sudah ada dua kartun strip buatan JokerSyndicate yang akan dipromosikan kepada masyarakat Korea oleh Peoplegate, yakni "Just Duitto" dan "Shop Till Drop".

Editor Kepala JokerSyndicate Tommy Thomdean menyambut baik kerja sama dengan Peoplegate yang dilihatnya sebagai kesempatan bagi para kartunis Indonesia untuk masuk ke pasar Korea, negeri yang 65 persen populasinya menggunakan ponsel pintar.

Secara reguler, kami akan mengisi apps Peoplegate dengan karya-karya terbaik kartunis Indonesia,” kata Tommy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno (6/4/2015).

Joker Syndicate adalah sindikasi kartunis Indonesia yang beberapa anggotanya pernah memenangi penghargan internasional, seperti Kyoto International Cartoon Competition (Japan), Cartoon Ideas International Cartoon Contest (China), World Press Cartoon (Portugal), dan Best Cartoon Prize and 6th Daejeon International Cartoon Contest (Korea Selatan).

"Kami juga pameran bulan Oktober 2014 di Frankfurt Book Fair, Jerman,” tambah Tommy.

Adapun Peoplegate merupakan perusahaan rintisan (startup) asal Korea Selatan yang bergerak di bidang layanan jejaring sosial berbasis minat dan bakat. Aplikasi mobile bikinan Peoplegate bisa diunduh di toko aplikasi Google Play dan Apple App Store.

Tahun ini Peoplegate berencana meluncurkan jaringan sosial global. Perwakilan Peoplegate, Song I Park, mengajak perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk menjalin kemitraan.

“Bagi mereka yang tertarik untuk bekerja sama dengan Peoplegate bisa mengontak saya via email psi@peoplegate.net,” kata Park.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.