Kompas.com - 07/10/2015, 10:16 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft memperkenalkan laptop pertama buatannya sendiri, yang dirancang untuk bersaing dengan laptop buatan Apple, MacBook Pro.

Surface Book, begitu Microsoft menamainya, adalah laptop dengan layar sentuh 13,5 inci dengan prosesor grafis Nvidia (opsional) dan diklaim memiliki daya tahan baterai 12 jam.

Bedanya dari MacBook Pro, layar Surface Book bisa dilepas dan bisa menjadi perangkat tablet.

Dikutip KompasTekno dari LaptopMag, Rabu (7/10/2015), Surface Book dirancang sebagai laptop yang kencang. Bahkan Microsoft mengklaim Surface Book yang mengusung prosesor Core i5 atau Core i7 dengan kecepatan dua kali lipat dari MacBook Pro.

Laptop Microsoft menggunakan penyimpanan SSD dengan antarmuka PCIe yang setidaknya memiliki kecepatan dua kali lebih tinggi dibanidng penyimanan berbasis harddisk SATA.

Phone Arena Layar Microsoft Surface Book bisa dilepas dan menjadi peranti tablet. Sebuah stylus juga disediakan Microsoft.
Surface Book memiliki dua model penyimpanan, yaitu 128 GB atau 1 TB. Fitur-fitur lain yang disertakan Microsoft antara lain slot SD card, mini DisplayPort, kamera depan 5 megapiksel, dan belakang 8 megapiksel.

Laptop akan tersedia dalam lima konfigurasi, harganya berkisar antara 1.499 dollar AS hingga 2.699 dollar AS.

Konfigurasi dasarnya terdiri atas prosesor Intel Core i5, RAM 8 GB, dan SSD 128 GB. Sementara konfigurasi terunggulnya menggunakan prosesor Intel Core i7, RAM 16 GB, SSD 512 GB, dan prosesor grafis Nvidia.

Microsoft belum menjelaskan secara detil kartu grafis Nvidia apa yang akan dipakainya, serta model dari Core i5 dan i7 yang dipakai dalam varian tersebut.

Sesi pre-order Surface Book akan mulai dibuka oleh Microsoft pada 7 Oktober mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber LaptopMag
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.