Lupa Kirim Foto, Pengguna Bakal "Dicolek" Facebook Messenger

Kompas.com - 10/11/2015, 16:14 WIB
Facebook Messenger hadirkan fitur Photo Magic TrustedReviewsFacebook Messenger hadirkan fitur Photo Magic
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook menambahkan fitur terbaru pada aplikasi pesan instan Messenger. Bertajuk "Photo Magic", fitur tersebut mengingatkan pengguna untuk mengirimkan foto yang memperlihatkan wajah teman, ke teman yang dimaksud itu.

Hal ini didukung oleh teknologi pengenal wajah (facial recognation) yang telah lama dimiliki jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg. Pada dasarnya mekanismenya sama dengan fitur "Moments" pada Facebook, sebagaimana dilaporkan TrustedReviews dan dihimpun KompasTekno, Selasa (10/11/2015).

Bedanya, Messenger akan langsung terhubung dengan galeri foto pada smartphone pengguna. Jika ada teman di Messenger yang wajahnya teridentifikasi di galeri foto pengguna, maka Messenger akan menanyakan ke pengguna apakah ingin mengirim foto itu ke teman yang dimaksud atau tidak, lewat notifikasi.

Jika lebih dari satu teman yang wajahnya teridentifikasi pada satu foto di galeri, maka Messenger akan bertanya apakah foto itu akan dikirim secara berbarengan ke semua teman Messenger yang teridentifikasi atau tidak.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dan teman di Messenger agar tak lupa berbagi momen berharga. Pun begitu, Facebook sadar kemampuan ini tak dibutuhkan semua pengguna.

Untuk itu, Messenger tetap memperhatikan kendali pengguna. Jika tak ingin "diingatkan", pengguna tak perlu mengaktifkan sinkronisasi Messenger ke galeri foto.

"Kami membangun pengalaman menjajal Photo Magic dengan penuh kontrol dari pengguna," kata manajer produk Messenger Lexy Franklin.

Untuk sementara, Photo Magic masih diuji coba bagi pengguna Android di Australia. Facebook menjamin fitur ini akan segera diboyong ke negara lain dan ke pengguna iOS. Walau belum jelas kapan waktu pasti ekspansi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.