Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Chatting "Anti Penyadapan" Tersedia untuk Desktop

Kompas.com - 05/12/2015, 09:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber signal

KOMPAS.com - Pengguna Signal kini bisa menjajal layanan private instant messaging tersebut lewat PC. Versi Beta-nya dipublikasikan hari ini, Kamis (3/12/2015) lewat situs resminya.

Dengan begitu, layanan yang direkomendasikan Edward Snowden tersebut bisa digunakan secara lebih fleksibel. Saat sedang berada di luar rumah atau kantor, pengguna bisa aktif berkomunikasi lewat smartphone.

Sementara ketika berada di tempat yang memungkinkan penggunaan laptop atau komputer, pengguna bisa berkomunikasi lewat layar yang lebih besar.

Namun, kemampuan Signal pada PC baru bisa tersinkronisasi dengan aplikasi Signal pada perangkat Android. Belum jelas kapan sinkronisasi dimungkinkan bagi pengguna iOS.

Segera setelah pengguna mensinkronisasi akun Signal pada PC dan smartphone, setiap pesan yang masuk akan muncul di dua perangkat.

Diketahui, Signal merupakan layanan yang didanai oleh organisasi non-profit Open Whisper System (OWS). Organisasi tersebut beranggotakan para pengembang aplikasi yang memiliki misi sama: mendorong akses terbuka dan komunikasi privat bagi netizen.

Salah satu proyeknya adalah Signal. Layanan tersebut diklaim anti peretasan. Dengan sistem keamanan yang digodok secara matang dan dienkripsi terus menerus, tak ada orang yang bisa mendengar percakapan atau membaca pesan seseorang tanpa sepengetahuan yang bersangkutan.

Untuk mengunduh versi betanya, silakan berkunjung ke sini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com