Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Celana Pintar Samsung Bisa Kasih Peringatan jika Retsleting Terbuka

Kompas.com - 01/04/2016, 11:47 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Mendapati retsleting celana terbuka tanpa disadari tentu bakal membikin muka memerah. Nah, kini hal itu tak bakal terjadi lagi dengan adanya konsep produk bernama “Internet of Trousers” dari Samsung.

Sesuai namanya, produk itu adalah celana pintar yang mampu mencegah kejadian memalukan di atas. Modul ZipARTIK yang dimilikinya mampu mendeteksi retsleting yang dibiarkan terbuka selama lebih dari tiga menit.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Android Headlines, Jumat (1/4/2016), si celana pintar itu kemudian bakal mengirim notifikasi ke smartphone pengguna lewat koneksi Wi-Fi agar buru-buru menutup “pintu kandang” tersebut.

Ada juga fitur konyol lain, seperti mode “Keep Your Pants On” untuk mereka yang kurang awas lingkungan saat membuka celana.

Lalu ada pula “Fridge Lock Mode” untuk membantu pengguna supaya tak makan terlalu banyak. Caranya adalah dengan mengunci kulkas apabila sang celana mendeteksi ukuran lingkar pinggang pengguna sudah bertambah.

Tentu, si kulkas haruslah dari jenis “pintar” yang bisa terkoneksi dengan celana cerdas.

Seakan belum cukup, pengguna juga bisa dipaksa berdiri dan mulai meluruskan kaki dengan fitur “Get Up! Alert” apabila sudah terlalu lama leyeh-leyeh.

Sudah barang tentu, celana “Internet of Trousers” tersebut tak benar-benar ada, alias cuma banyolan yang disiapkan Samsung untuk menyambut April Mop pada 1 April ini. Namanya sendiri merupakan pelesetan dari “Internet of Things” (IoT).

Produk-produk fashion pintar sendiri belakangan sudah mulai benar-benar muncul, meski fitur cerdas yang diusung rata-rata lebih serius dari celana pintar rekaan Samsung ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com