Review: Acer Aspire E5-553G, Laptop Pertama dengan Prosesor Baru AMD

Kompas.com - 05/08/2016, 11:06 WIB
Logo Acer di punggung laptop Aspire E5-553G yang berlapis logam Oik Yusuf/ KOMPAS.comLogo Acer di punggung laptop Aspire E5-553G yang berlapis logam
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Awal Juni lalu, AMD resmi memperkenalkan prosesor APU generasi ke-7 dengan kode nama Bristol Ridge. Accelerated Processing Unit (APU) merupakan istilah AMD untuk prosesor komputer yang memadukan inti CPU dan pengolah grafis atau GPU dalam satu kemasan.
 
Tak seberapa lama setelah peluncurannya,  pada bulan yang sama, Bristol Ridge yang dijual dengan nama resmi prosesor APU seri A10, A12, dan FX seri 9800 memasuki Indonesia lewat produk perdana berupa laptop Acer Aspire E5-553G.

Terdiri dari tiga varian yang dibedakan dari konfigurasi prosesor, RAM, dan media penyimpanan, Acer merancang Aspire E5-553G sebagai laptop yang bisa menangani berbagai hal, baik urusan produktivitas seperti editing foto dan video hingga bermain game 3D.

Seperti apa kemampuannya? Simak ulasan KompasTekno berikut ini.

Desain

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampilan depan laptop Acer Aspire E5-553G
Aspire E5-553G merupakan laptop dengan bentang layar 15,6 inci. Karena itu ukurannya pun cukup bongsor dengan bobot lebih dari 2 kg.

Bagian punggung layar dan palmrest berlapis logam jenis aluminium dengan warna abu-abu gelap dan tekstur garis-garis tipis yang menguatkan kesan “logam” .

Ukurannya yang besar menyebabkan laptop ini memiliki banyak ruang untuk menampung keyboard full-size, lengkap dengan numeric pad untuk mengetik angka di sisi kiri.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Acer Aspire E5-553G memiliki keyboard full size dengan num-pad, juga touchpad berukuran besar
Tepat di bawah keyboard terdapat touchpad dengan permukaan lega yang terasa agak keras ketika ditekan (untuk melakukan klik pada interface OS).

Acer juga menyematkan sebuah DVD multi-drive untuk keperluan membaca sekaligus menulis kepingan DVD. Fitur yang satu ini mulai jarang ditemukan di laptop yang berukuran lebih kecil.

Di luar drive DVD, rangkaian konektor yang disediakan oleh Aspire E5-553G terbilang lengkap. Di sisi kiri, tepat di sebelah exhaust sistem pendingin, terdapat konektor USB Type-C terbaru, ethernet (RJ-45), VGA, HDMI, dan dua buah USB 3.0.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi kiri Acer Aspire E5-553G

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi kanan Acer Aspire E5-553G
Beralih ke sisi kanan, pada bagian yang sama dengan drive DVD, terdapat port USB 2.0 dan konektor jack audio 3,5 mm, berikut konektor adaptor untuk memasok daya.

Di sisi depan, berdekatan dengan port USB 3.0 disediakan SD card reader. Koneksi wireless didukung oleh Wi-Fi yang mendukung standar 802.11a/b/g/n/ac, ditambah Bluetooth 4.1.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X