Review: Acer Aspire E5-553G, Laptop Pertama dengan Prosesor Baru AMD

Kompas.com - 05/08/2016, 11:06 WIB
Logo Acer di punggung laptop Aspire E5-553G yang berlapis logam Oik Yusuf/ KOMPAS.comLogo Acer di punggung laptop Aspire E5-553G yang berlapis logam
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Awal Juni lalu, AMD resmi memperkenalkan prosesor APU generasi ke-7 dengan kode nama Bristol Ridge. Accelerated Processing Unit (APU) merupakan istilah AMD untuk prosesor komputer yang memadukan inti CPU dan pengolah grafis atau GPU dalam satu kemasan.
 
Tak seberapa lama setelah peluncurannya,  pada bulan yang sama, Bristol Ridge yang dijual dengan nama resmi prosesor APU seri A10, A12, dan FX seri 9800 memasuki Indonesia lewat produk perdana berupa laptop Acer Aspire E5-553G.

Terdiri dari tiga varian yang dibedakan dari konfigurasi prosesor, RAM, dan media penyimpanan, Acer merancang Aspire E5-553G sebagai laptop yang bisa menangani berbagai hal, baik urusan produktivitas seperti editing foto dan video hingga bermain game 3D.

Seperti apa kemampuannya? Simak ulasan KompasTekno berikut ini.

Desain

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampilan depan laptop Acer Aspire E5-553G
Aspire E5-553G merupakan laptop dengan bentang layar 15,6 inci. Karena itu ukurannya pun cukup bongsor dengan bobot lebih dari 2 kg.

Bagian punggung layar dan palmrest berlapis logam jenis aluminium dengan warna abu-abu gelap dan tekstur garis-garis tipis yang menguatkan kesan “logam” .

Ukurannya yang besar menyebabkan laptop ini memiliki banyak ruang untuk menampung keyboard full-size, lengkap dengan numeric pad untuk mengetik angka di sisi kiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Acer Aspire E5-553G memiliki keyboard full size dengan num-pad, juga touchpad berukuran besar
Tepat di bawah keyboard terdapat touchpad dengan permukaan lega yang terasa agak keras ketika ditekan (untuk melakukan klik pada interface OS).

Acer juga menyematkan sebuah DVD multi-drive untuk keperluan membaca sekaligus menulis kepingan DVD. Fitur yang satu ini mulai jarang ditemukan di laptop yang berukuran lebih kecil.

Di luar drive DVD, rangkaian konektor yang disediakan oleh Aspire E5-553G terbilang lengkap. Di sisi kiri, tepat di sebelah exhaust sistem pendingin, terdapat konektor USB Type-C terbaru, ethernet (RJ-45), VGA, HDMI, dan dua buah USB 3.0.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi kiri Acer Aspire E5-553G

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi kanan Acer Aspire E5-553G
Beralih ke sisi kanan, pada bagian yang sama dengan drive DVD, terdapat port USB 2.0 dan konektor jack audio 3,5 mm, berikut konektor adaptor untuk memasok daya.

Di sisi depan, berdekatan dengan port USB 3.0 disediakan SD card reader. Koneksi wireless didukung oleh Wi-Fi yang mendukung standar 802.11a/b/g/n/ac, ditambah Bluetooth 4.1.

Unit baterai 2.800 mAh terdapat di bagian bawah laptop yang berlapis bahan plastik. Baterai ini dipasang dengan sekrup.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Slot kartu memori micro SD terdapat di bagian depan (gambar kiri). Sisi bawah Acer Aspire E5-553G terbuat dari bahan plastik.

Kinerja

Laptop Aspire E5-553G yang diterima KompasTekno merupakan varian tertinggi, dengan prosesor AMD FX-9800P (quad-core 2,7 GHz, GPU Radeon R7), RAM DDR4 8 GB dual-channel, dan hard disk 1 terabyte ditambah SSD 128 GB.

Spesifikasi dari laptop bernama lengkap Aspire E5-553G-F79R yang dibanderol Rp 9 juta ini masih ditambah dengan kartu grafis dedicated Radeon R8 M445 DX dengan video RAM sebesar 2 GB (dual graphics dengan GPU on-board).

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Screenshot software CPU-Z terhadap prosesor AMD FX 9800P di dalam Acer Aspire E5-553G

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Screenshot GPU-Z memperlihatkan GPU terintegrasi Radeon R7 dan kartu grafis Radeon R8 M445DX yang berjalan dalam mode dual graphics

Pada laptop sudah terpasang Windows 10. Namun perlu ditambahkan bahwa versi ritel E5-553G tidak dibekali dengan sistem operasi besutan Microsoft tersebut.

Berkat tambahan media storage SSD yang tak dimiliki dua varian lainnya, E5-553G-F79R mampu melakukan loading berbagai aplikasi dengan cepat. Booting Windows pun lebih kencang dari laptop lain yang hanya bermodal hard disk.

Kinerjanya pun bisa dibilang cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari dan bermain game ringan, seperti bisa dilihat dalam rangkaian skor benchmark di bawah.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Skor benchmark 3D Mark 11

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Skor benchmark PCMark 8

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Skor CrystalDiskMark atas kecepatan baca dan tulis SSD (kiri) dan harddisk pada Acer Aspire E5-553G

Untuk menguji daya tahan baterai, KompasTekno menjalankan video Full-HD (1.920 x 1.080) yang di-loop secara terus menerus.

Hasilnya, laptop ini sanggup menyala selama hampir tiga jam, tepatnya 2 jam 56 menit, sebelum sistem melakukan shut down karena kehabisan daya baterai.

Layar E5-553G berukuran cukup besar untuk ukuran laptop. Namun, karena resolusinya yang hanya 1.360 x 768, layar ini kurang ideal dipakai untuk menonton film full HD.

Kualitas panel display layar itu pun kurang memuaskan karena warna-warna yang terlihat pudar dan viewing angle sedikit terbatas.

Kesimpulan

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Acer Aspire E5-553G

Melalui Aspire E5-553G, Acer mencoba menghadirkan produk laptop berbasis APU AMD generasi ke-7 yang sanggup diajak bekerja dan bermain.

Khusus varian tertinggi bernama lengkap Aspire E5-553G-F79R, kinerjanya tergolong cepat karena dibantu oleh SSD 128 GB sebagai penyimpan program, sementara data disimpan dalam hard disk konvensional berkapasitas 1 TB.

Bentuk Aspire E5-553G yang relatif besar membuatnya kurang praktis untuk dibawa-bawa, namun masih tidak terlampau besar (seperti misalnya laptop gaming dengan layar 17 inci).

Ukuran itu memberikan keuntungan tersendiri, yakni ketersediaan ragam konektor yang lengkap, termasuk USB Type-C terbaru yang mulai banyak disertakan di produk-produk laptop.

Kinerjanya sendiri cukup bisa diandalkan untuk pekerjaan sehari-hari ataupun bermain game 3D yang tidak terlalu berat.

Ukuran layar Aspire E5-553G tak didukung resolusi yang tinggi pula, tapi ini masih termasuk wajar untuk kelas harganya.

Acer Aspire E5-553G-F79R

Kelebihan
+ RAM dual-channel DDR4 8 GB
+ Opsi konektor lengkap
+ SSD 128 GB dan harddisk 1 TB

Kekurangan:
- Kualitas layar kurang memuaskan
- Kurang praktis untuk dibawa-bawa

Spesifikasi

Tipe Aspire E5-553G-F79R
Ukuran layar 15,6 inci (1.366 x 768)
Dimensi 381,6 x 259 x 23,9/ 30,2 mm
Bobot 2,23 kg
Prosesor AMD FX 9800P, quad-core 2,7 GHz, GPU Radeon R7
RAM 8 GB DDR4, dual-channel
Media penyimpanan SSD 128 GB + HDD 1 TB
Kartu grafis AMD Radeon R8 M445DX (VRAM 2 GB)
Optical drive Super-Multi DVD (read/ write)
Baterai Litihium-ion, 6-cell, 2.800 mAh
Koneksi wireless Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1
Konektor HDMI, VGA, ethernet (RJ-45), USB 3.0 (2 buah), USB Type-C, USB 2.0
Sistem operasi Linux
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.