Google Batalkan Smartphone "Bongkar Pasang" Project Ara?

Kompas.com - 02/09/2016, 16:27 WIB
Purwarupa EngadgetPurwarupa
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Ada kabar buruk bagi yang sudah lama menantikan smartphone modular bikinan Google, Project Ara. Kabar yang santer beredar di internet menyebutkan, Google sudah atau setidaknya sedang mempertimbangkan untuk menghentikan proyek ambisius tersebut.

Menurut sumber dari internal Google yang menolak disebutkan namanya, Project Ara akan dihentikan karena adanya perubahan strategi perusahaan. Raksasa internet itu dikatakan sedang berusaha mengurangi proyek yang terkait dengan pembuatan dan pengembangan hardware, seperti Project Ara ini.

Akan tetapi, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Reuters, Jumat (2/9/2016), Project Ara tampaknya belum akan benar-benar dihentikan.

Sang sumber menyebutkan, Google bisa saja mencari rekanan produsen hardware yang mau mewujudkan Project Ara. Raksasa mesin pencari itu tinggal membuat perjanjian lisensi saja, mirip strategi smartphone Nexus.

Dalam strategi tersebut, Google menunjuk beberapa vendor smartphone ternama untuk mengembangkan perangkat berbasis Android, Nexus. Sang rekanan tidak bekerja sendiri, melainkan bekerja bersama Google untuk mewujudkan Nexus tersebut.

Project Ara sendiri awalnya diproyeksikan untuk dirilis pada musim gugur 2017 mendatang.
Publik pun sangat antusias dan menunggu-nunggu terwujudnya smartphone "bongkar pasang" tersebut.

Project Ara merupakan upaya membuat smartphone yang komponennya bisa dilepas pasang. Misalnya, pengguna bisa mengganti kamera, baterai, speaker, hingga layar sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Google sendiri belum angkat bicara soal rumor penghentian Project Ara ini.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X