Kompas.com - 14/11/2016, 15:35 WIB
Kebakaran hutan di Kentucky, AS, awal bulan November 2016. Mikel Taylor/ wpsdlocal6.comKebakaran hutan di Kentucky, AS, awal bulan November 2016.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Demi swafoto (selfie) di media sosial, tindakan apapun rela dilakukan, termasuk membakar hutan. Itulah yang dilakukan oleh seorang pria 21 tahun asal Kentucky, AS.

Laporan NBC News yang dirangkum KompasTekno, Senin (14/11/2016), menyebutkan bahwa sang pemuda bernama Johnny Mullins itu pekan lalu ditahan karena ketahuan sengaja menyulut api agar bisa menyiarkan video swafoto yang dramatis di Facebook.

Dalam video-video swafoto tersebut, Mullins yang berambisi ingin menjadi peramal cuaca di televisi tampak berbicara di depan kepulan asap kebakaran hutan.

Mullins telah berkali-kali membuat video serupa dalam kumpulan segmen yang disebutnya sebagai “Weather Outlook (Ramalan Cuaca)” di Facebook. Tak jelas mana saja yang apinya sengaja disulut.

Johnny Mullins/ Facebook Johnny Mullins dalam salah satu video kebakaran hutan yang diunggahnya ke Facebook.
“Dia suka menyiarkan video Facebook supaya orang mengikutinya,” ujar James Stephens, kepala polisi kota Jenkins di Kentucky, tempat Mullins ditahan.

“Dia suka dengan perhatian yang didapat dari Facebook,” kata Stephens, sambil menambahkan bahwa Mullins tak menyadari betapa tindakan yang dilakukannya membahayakan orang lain.

Laman Facebook Mullins hingga kini masih aktif. Video terakhirnya mengenai kebakaran hutan yang diunggah pada 6 November lalu telah ditonton lebih dari 5.000 kali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bulan ini, kebakaran hutan melanda wilayah  tenggara AS di Tennessee, Kentucky, North Carolina, dan Georgia. Pihak berwenang mencurigai setidaknya 20 kasus kebakaran mengandung unsur kesengajaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber NBC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.