Kompas.com - 24/05/2017, 14:37 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Ada yang mengistilahkan Google I/O sebagai “naik haji”-nya para pecinta teknologi alias tech-savvy. Ada pula yang mengatakan hajatan tersebut tak ubahnya “pesta” bagi para developer.

Apa pun itu, Google I/O sejatinya merupakan ajang untuk berkumpul, berdiskusi, belajar, bersenang-senang, dan berkonsultasi terkait teknologi. Gelaran setahun sekali itu juga menjadi momentum kelahiran inovasi-inovasi teranyar dari raksasa mesin pencari Google.

Tahun ini menandai kali ke-11 Goolge I/O dihelat. Berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (17/5/2017) hingga Jumat (19/5/2017), suasana Google I/O terasa kasual dan artistik, ditilik dari playlist musiknya, instalasi-instalasi dan stand-nya, hingga tema acara yang dibuat bak festival outdoor di area Shoreline Amphitheatre, Mountain View, Amerika Serikat.

Game arcade maupun permainan taman seperti jungkat-jungkit dan lempar-lemparan bantal bisa ditemukan dengan mudah. Snack dan soft drink juga dijajakan di berbagai sudut.

Berbagai pengumuman penting

Untuk acaranya sendiri, Google I/O tahun ini mengambil benang merah ke pengembangan machine learning dan artificial intelligence untuk semua orang. Artinya, pemanfaatan teknologi itu bukan cuma untuk mempermudah developer, tapi juga enterprise maupun masyarakat umum.

Ada beberapa pengumuman penting dalam Google I/O tahun ini, antara lain pembaruan Google Assistant yang tak cuma mendengar tapi juga melihat. Ini berkat integrasi dengan teknologi baru bertajuk “Google Lens” yang mempercerdas kamera smartphone.

Selain itu ada beberapa pembaruan pada Google Home, salah satunya bisa melakukan panggilan telepon dengan Wi-Fi. Ada juga pengumuman soal “Android Go”, yakni inisiasi Google yang memungkinkan sistem operasi flagship tersemat di ponsel murah.

Google Photos sudah bisa membuat album fisik lewat fitur “Photo Books”, Gmail bisa membalas pesan otomatis dengan smart reply, menikmati virtual reality bisa tanpa ponsel, serta yang paling ditunggu-tunggu adalah pengumuman Android O.

Baca: Cerita Mengikuti Google I/O 2017, dari Workshop hingga After Party

Berikut ringkasan singkat “3 hari untuk selamanya” di Google I/O 2017 dalam bentuk vlog oleh jurnalis KompasTekno Fatimah Kartini yang berkesempatan hadir langsung di acara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.