Diperbarui, Pencarian Gambar di Google Semakin Pintar

Kompas.com - 03/08/2017, 07:04 WIB
Hasil pencarian gambar di Google semakin pintar. GoogleHasil pencarian gambar di Google semakin pintar.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hasil pencarian gambar di Google kini semakin pintar dan rapi. Ketika mencari gambar sebuah tempat, produk, hingga makanan, Anda akan disuguhkan informasi yang lebih terstruktur dan mendalam melalui sebuah badge.

Badge itu bertuliskan kategori seperti “recipe” alias resep, ikon video beserta durasinya, GIF, “buy” alias informasi pembelian, dan lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (3/8/2017) dari blog resmi Google.

Misalnya saat Anda menelusuri “cupcake” di laman Google Image, maka yang muncul adalah deretan foto camilan manis tersebut dengan disertai badge “recipe”.

Ketika menekan badge tersebut, akan keluar informasi lebih lanjut mengenai cara membuat cupcake sesuai gambar. Antarmukanya dibuat simpel berupa poin per poin, bukan teks panjang.

Untuk pencarian gambar lain semisal produk tas atau gadget, badge akan menunjukkan informasi semacam tempat pembelian, video review, dan hal-hal lain yang ingin Anda ketahui lebih lanjut.

“Kami harap fitur baru ini bisa meningkatkan pengalaman Anda dalam pencarian visual, menghubungkan Anda dengan informasi yang relevan,” begitu tertera pada blog Google.

Sejatinya penyematan badge yang terkategorisasi itu bertujuan menghemat energi Anda ketika melakukan pencarian gambar. Anda tak perlu menekan tombol “visit page” alias “kunjungi laman” untuk dialihkan ke situs lain guna menggali informasi soal gambar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, fitur ini baru tersedia bertahap untuk pengguna mobile, baik dari laman Google yang dibuka pada peramban mobile atau aplikasi Google Search untuk Android.

Pengguna desktop belum bisa memanfaatkannya. Google pun tak mengumbar janji bakal memboyong fitur ini ke desktop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.