Ini 5 Vendor Smartphone dengan Penjualan Tertinggi

Kompas.com - 25/08/2017, 18:15 WIB
Earphone AKG yang disertakan dalam paket pembelian Samsung galaxy S8 Reska K. Nistanto/KOMPAS.comEarphone AKG yang disertakan dalam paket pembelian Samsung galaxy S8
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tak kurang dari 366,2 juta unit smartphone terjual sepanjang kuartal kedua 2017. Angka itu meningkat 7,6 persen dari tahun ke tahun.

Menurut laporan teranyar dari firma penelitian Gartner, perangkat Android masih mendominasi dengan pangsa pasar 87,7 persen. Sisanya mengandalkan sistem operasi iOS, yakni 12,1 persen.

Lebih detilnya, Gartner mengumbar lima besar vendor smartphone dengan penjualan tertinggi sepanjang kuartal kedua 2017, sebagai berikut.

Di posisi pertama Samsung masih mendominasi dengan penjualan 82,5 juta unit smartphone. Angka itu meraup 22,5 persen pangsa pasar smartphone.

Kenaikan penjualan smartphone Samsung dari tahun ke tahun terpatok 7,5 persen. Menurut analisa Gartner, Samsung mampu mengatasi gesitnya persaingan dengan para vendor China yang menawarkan ponsel murah.

Tak lantas ikut arus, duo flagship Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus nyatanya diminati pasar. Penjualan smartphone Samsung di kuartal berikutnya diramalkan akan terus meningkat menyusul perilisan lini Galaxy Note 8.

5 besar vendor smartphone kuartal kedua 2017Gartner 5 besar vendor smartphone kuartal kedua 2017

Selanjutnya di posisi kedua Apple pun masih mengukuhkan diri. Sebanyak 44,3 juta unit smartphone terjual pada periode April hingga Juni 2017, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (24/8/2017).

Analis memprediksi kehadiran lini iPhone 7s, iPhone 7s Plus, dan iPhone 8, pada akhir tahun ini akan menggenjot penjualan sang perusahaan berlogo apel. Pasalnya, antusiasme masyarakat sudah terasa kental sedari beberapa bulan lalu.

Posisi ketiga, keempat, dan kelima masing-masing ditempati Huawei, Oppo, dan Vivo secara berurutan. Huawei menjual 35,9 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 9,8 persen.

Baca: Meningkat, Jumlah Smartphone China yang Beredar di Indonesia

Dua vendor China yang gesit bersaing, Oppo dan Vivo, masing-masing menjual 26 juta dan 24 juta smartphone. Pangsa pasar keduanya beda tipis, yakni 7,1 persen dan 6,6 persen.

Baca: Alasan Smartphone Rp 2-5 Juta Laku di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.