Kompas.com - 02/10/2017, 17:15 WIB
Pusat Riset AI Samsung di Kanada SamsungPusat Riset AI Samsung di Kanada
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung menunjukkan keseriusan dalam menggarap AI atau kecerdasan buatan dengan mendirikan sebuah pusat riset di Universite de Montreal, Kanada. Rencananya pusat riset itu akan dipakai mengembangkan AI untuk digunakan di berbagai bidang.

Dalam pusat riset AI ini, fakultas di universitas dan para mahasiswa bakal berkolaborasi dengan berbagai peneliti dari Korea Selatan untuk mengelola proyek. Beberapa di antaranya terkait dengan AI untuk kendaraan otonomos, pengenalan gambar, penerjemah, hingga robot.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (2/10/2017), keputusan Samsung mendirikan pusat riset tersebut lekat dengan suasana industri teknologi saat ini yang semakin bergantung kepada AI.

Bagi Samsung, pengembangan AI dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan asisten digital Bixby. Fitur ini memang sudah menjadi salah satu kunci pada berbagai produk Samsung, seperti smartphone, speaker, dan perangkat rumah tangga.

Baca: Mantan Pegawai Google Bikin Agama Baru, AI Jadi Tuhan

Selain soal Bixby, Samsung juga sempat mengembangkan AI untuk kendaraan otonomos dan robot. Melihat adanya langkah tersebut, bisa saja di masa depan nanti raksasa elektronik Korea Selatan itu bakal sangat mengandalkan kekuatan AI.

Kanada sendiri merupakan salah satu negara yang berinvestasi besar dalam bidang pengembangan AI. Pemerintahnya sampai menyiapkan dana sekitar 125 juta dollar AS atau setara Rp 1,69 triliun khusus untuk bidang tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbagai perusahaan raksasa pun sudah mulai mendirikan pusat riset dan pengembangan AI mereka di Kanada. Beberapa di antaranya adalah kantor Google DeepMind dan unit pengembangan kendaraan otonomos Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.