Kecerdasan Buatan Sudah Bisa Tulis Cerita Horor

Kompas.com - 28/10/2017, 17:00 WIB
Halloween Horror Nights di Universal Studio Singaporehttp://halloweenhorrornights.com.sg Halloween Horror Nights di Universal Studio Singapore

KOMPAS.com - Pekerjaan penulis agaknya bisa digantikan oleh kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence, AI) suatu saat nanti. Belum lama ini, sebuah AI yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Massachusetts (MIT) menunjukkan kebolehannya mengarang cerita bernuansa horor.

Shelley, nama AI yang diberikan oleh tim MIT, memiliki kemampuan menulis layaknya penulis profesional. Meski saat ini karyanya masih hanya berupa potongan kalimat pendek, Shelley mampu memilih diksi yang tepat dalam bahasa Inggris dan nyaman untuk dibaca.

AI ini memiliki beberapa algaritma yang mampu menyadur tulisan beberapa penulis horor ternama, termasuk Stephen King. Itulah yang menyebabkan Shelley dapat memunculkan cerita horor dengan pilihan diksi yang tepat.

Meski demikian, tim pengembang Shelley menyatakan bahwa AI ini masih butuh banyak "membaca" cerita horor. Dikutip KompasTekno melalui News Scientist, Shelley tidak dapat membuat sebuah cerita sendiri tanpa adanya inspirasi dari cerita-cerita horor tersebut.

Tim pengembang pun meminta pengguna Twitter untuk menuliskan cerita horornya masing-masing. Tujuannya, Shelley bisa banyak belajar dari tulisan manusia lainnya. Anda bisa menuliskan cerita horor untuk Shelley melalui tautan berikut ini.

Nama Shelley sendiri diambil dari penulis cerita legendaris, Marry Shelley, yang hidup sekitar abad 17 di Inggris. Ia dikenal dengan karyanya yang masih fenomenal hingga saat ini, Frankestein.

Berikut adalah petikan cerita Shelley berjudul "Mirror" yang dikutip Kompas Tekno melalui akun Twitter resminya:



EditorDeliusno

Close Ads X