Ketik #Aktif di Facebook Kembalikan Foto Profil yang Hilang, Hoaks atau Fakta?

Kompas.com - 23/04/2018, 09:12 WIB
Ilustrasi FacebookJOSH EDELSON / AFP Ilustrasi Facebook

KOMPAS.com — Pengguna Facebook Indonesia berbondong-bondong menuliskan kata "#Aktif" pada kolom komentar di laman Facebook bertajuk “Pengguna FB Lite Indonesia”.

Hal ini gara-gara kekhawatiran pengguna atas informasi yang sebenarnya tidak benar alias hoaks.

Postingan hoaks tersebut diunggah di Facebook sekitar 13 jam lalu, tapi sudah cukup banyak dibagi dan berlimpah komentar berisi kata "#Aktif".

Mengatasnamakan “Facebook Indonesia”, laman “Pengguna FB Lite Indonesia” menggaungkan isu bahwa beberapa pengguna layanan hemat data “Facebook Lite” mengalami masalah, yakni foto profil mereka hilang.

Laman itu lantas menawarkan tiga tahap solusi. Pertama, sukai (like) laman “Pengguna FB Lite Indonesia. Kedua, bagi (share) unggahan tersebut ke 10 grup Facebook lainnya. Ketiga, tulis (comment) “#Aktif” pada kolom komentar, sebagaimana pantauan KompasTekno, Senin (23/4/2018).


Padahal, masalah “foto profil yang hilang tiba-tiba” tak pernah eksis. Informasi yang dipaparkan laman tersebut bisa dipastikan tidak benar alias hoaks.

Pasalnya, tak ada pemberitahuan dari situs resmi Facebook Newsroom yang biasanya memberikan informasi-informasi aktual dan relevan terkait layanan. Akun media sosial resmi Facebook di Twitter pun tak berkicau apa-apa.

Terlebih, tiga tahap solusi yang diberikan laman “Pengguna FB Lite Indonesia” identik dengan pengumbar hoaks yang sudah-sudah. Misalnya saja informasi hoaks soal “#BFF” yang viral di Facebook pada Maret lalu.

Pengguna kala itu dibohongi oleh unggahan yang menyuruh ketik “#BFF” pada kolom komentar untuk membuktikan apakah akun mereka aman atau tidak. Jika huruf "#BFF" berubah warna jadi hijau, maka akun aman.

Padahal, pascamenulis "#BFF", memang huruf akan berubah jadi hijau karena fitur "Text Delight". Jika tak berubah, bukan berarti akun tak aman, melainkan pengguna belum memperbarui layanan mereka.

Kembali ke hoaks "#Aktif", saat ini sudah 27.412 pengguna Facebook yang membagikan unggahan tersebut hingga Senin (23/4/2018) pagi. Selain itu, ada 24,081 komentar yang mayoritas menuliskan “#Aktif”.

Secara total laman “Pengguna FB Lite Indonesia” saat ini diganjar 15.042 like dan ada 15.048 yang mengikuti (follow).

Baca juga: Viral Kabar Facebook Bakal Diblokir 24 April, Hoaks atau Fakta?



Close Ads X