Kompas.com - 26/04/2018, 17:06 WIB
Tampilan Windows 10 Blog WindowsTampilan Windows 10
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Sistem operasi Windows 10 cukup memakan tempat di media  penyimpanan sehingga laptop dan tablet low-end dengan ruang memori penyimpanan terbatas seringkali tidak bisa memasang fitur baru lewat update OS.

Microsoft agaknya berencana mengatasi masalah tersebut dengan merilis Windows 10 versi “ringan”. Keberadaan sang OS diketahui lewat kemunculan namanya dalam build preview Redstone 5, seperti terlihat dalam tweet di bawah.

OS yang kabarnya disebut sebagai “Windows 10 Lean” di lingkungan internal Microsoft ini memiliki ukuran instalasi 2 GB lebih kecil dibandingkan Windows 10 reguler macam Windows 10 Home atau Windows 10 Pro.

Microsoft merampingkan Windows 10 Lean dengan membuang fitur-fitur Windows yang dirasa kurang relevan untuk perangkat dengan storage terbatas, macam Registry Editor, browser bawaan, dan lain-lain.


Selebihnya, Windows 10 Lean tetap sama dengan Windows 10 reguler. OS ini pun masih mendukung penuh aplikasi Win32 sehigga pengguna bisa memakainya apabila memerlukan.

Berdasarkan informasi yang dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Kamis (26/4/2018), Windows 10 Lean nantinya khusus ditujukan untuk perangkat-perangkat dengan ruang penyimpanan 16 GB.

Untuk sekarang Windows 10 Lean sedang dalam proses pengembangan dan dilaporkan masih memiliki banyak bug. Microsoft pun bisa saja mengubah rencana sewaktu-waktu. Belum tentu raksasa software itu bakal benar-benar merilis sang Windows 10 versi ringan. 

Baca juga : Qualcomm Resmikan Always Connected PC, Laptop Windows 10 seperti Smartphone

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.