Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2018, 12:04 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone andalan terbaru dari LG, G7 Plus ThinQ, resmi meluncur di Indonesia lewat acara yang digelar di Jakarta, hari Selasa (22/5/2018) kemarin.

G7 Plus ThinQ adalah ponsel kelas atas yang dibekali chip Snapdragon 845, RAM 6 GB, media penyimpanan internal 128 GB, dan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Sesuai dengan embel-embel “ThinQ” di akhiran namanya yang mengacu pada teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) besutan LG, G7 Plus ThinQ turut dibekali AI yang antara lain diterapkan di kedua kamera di punggungnya.

Kamera ganda ini masing-masing memiliki resolusi 16 megapiksel. Perbedaannya terletak pada luas bidang pandang. Kamera pertama memiliki bidang pandang wide standar, sementara kamera kedua ultra wide yang lebih lebar dengan cakupan 107 derajat.

Kecerdasan buatan di kamera G7 Plus ThinQ diaktifkan dengan menekan tombol AI CAM di dalam aplikasi kamera. Subyek foto kemudian bisa dikenali, lalu ponsel melakukan penyesuaian setting kamera secara otomatis untuk mengoptimalkan hasil jepretan.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kecerdasan buatan di kamera G7 Plus ThinQ diaktifkan dengan menekan tombol AI CAM di dalam aplikasi kamera. Subyek foto kemudian bisa dikenali, lalu ponsel melakukan penyesuaian setting kamera secara otomatis untuk mengoptimalkan hasil jepretan.

“AI di kamera G7 Plus ThinQ bisa mendeteksi subyek foto secara otomatis, lalu melakukan penyesuaian setting kamera berdasarkan 19 preset sesuai dengan jenis subyek tadi,” ujar Head of LG Mobile Communications Indonesia Heegyun Jang, saat ditemui KompasTekno di sela acara peluncuran G7 Plus ThinQ.

Baca juga: Salip ZenFone 5Z, LG G7+ Jadi Ponsel Snapdragon 845 Pertama di Indonesia

Dari segi fisik, G7 Plus ThinQ tampak mirip dengan smartphone Android lain yang muncul belakangan ini karena memiliki “poni” alias notch berupa takik yang menjorok ke bagian dalam layar di sisi atas.

G7 Plus ThinQ yang dibanderol seharga Rp 11,5 juta ini diklaim bakal menjadi smartphone dengan chip Snapdragon 845 pertama yang dipasarkan di Indonesia, ketika mulai tersedia di toko-toko pada 4 Juni mendatang.

KompasTekno menjajal G7 Plus ThinQ barang sejenak dalam acara peluncuran. Simak hasil penelusuran singkatnya dalam rangkaian foto di tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com