Pendiri YouTube Ingin "Upload" Video Kembali Setelah 13 Tahun

Kompas.com - 07/06/2018, 11:37 WIB
Logo YouTube. Reska K. Nistanto/Kompas.comLogo YouTube.

KOMPAS.com - Video pertama yang "majang" di platform video sharing, kini dikenal dengan nama YouTube, diunggah oleh salah satu co-founder, Jawed Karim. Video legendaris tersebut diunggah 23 April 2005 dengan judul "me at the zoo" (aku di kebun binatang).

Selang 13 tahun, Karim dikabarkan berencana mengunggah kembali video di YouTube. Kabar ini muncul setelah beberapa waktu lalu, ia melempar pooling ke lebih dari 300.000 pelanggan (subscriber) di kanal YouTube miliknya.

Jajak pendapat pertama menanyakan apakah sebaiknya ia mengunggah video baru ke YouTube. Hasilnya, sebanyak 93 persen mendukung Karim untuk kembali "manggung" di platform buatannya.

Pertanyaan kedua, Karim bertanya kira-kira genre video apa yang menarik untuk ia unggah nanti.

Dari empat pilihan, genre komedi meraih 77 persen suara mengungguli genre action, drama, dan horor. Dari pantauan KompasTekno di kanal YouTube Jawed Karim, Kamis (7/6/2018), kedua pooling menarik 11.000 suara dan disesaki lebih dari 400 komentar di masing-masing poling.

Meski banyak yang mendukung dirinya kembali, tapi layaknya budaya berkomentar di YouTube dewasa ini, beberapa orang meninggalkan komentar negatif sebagai bentuk penolakan.

"Anda hanya akan berisiko menghancurkannya. Jangan rusak kesempurnaan (YouTube)," tulis akun bernama Peter Vuijicic.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, tak sedikit yang meminta Karim untuk mengambil video di tempat yang sama, yakni kebun binatang.

"Kembalilah ke tempat yang sama jika masih ada. Banyak yang berubah setelah 13 tahun!," tulis akun bernama Fro-Yo.

Dilansir KompasTekno dari Polygon, belum ada komentar dari Karim setelah pooling dilakukan. Selain Karim, dua rekannya yakni Chad Hurley dan Steve Chen yang juga mantan pegawai PayPal, turut berjasa atas berdirinya YouTube yang melahirkan banyak kreator lain.

Baca juga: Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

Di awal berdirinya, YouTube merupakan perusahaan start-up yang didanai oleh Sequoia Capital. Kendati demikian, pamor YouTube cukup pesat dengan 65.000 video terunggah tiap hari ke situsnya.

Setahun berikutnya, perusahaan search engine Goole mengakuisisi YouTube senilai 1,65 miliar dollar AS dalam bentuk saham. Dari keterangan Google November 2017, jumlah penonton YouTube perbulan sebesar 1,5 miliar yang tersebar di 90 negara.

Video pertama dan terakhir yang diunggak Karim, bisa disaksikan di tautan berikut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.