Google Chrome Bakal Lebih Rakus Memori

Kompas.com - 13/07/2018, 17:03 WIB
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. IstAplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube.

KOMPAS.com - Demi menambal celah keamanan dan melindungi dari bug berbahaya, Google kabarnya telah menambahkan beberapa sistem proteksi pada browser Chrome. Alhasil sebagai konsekuensinya, browser ini akan semakin rakus dalam menghabiskan RAM. 

Diungkapkan oleh Charlie Reis, seorang insinyur perangkat lunak dari Google dalam blog resminya, bug bernama Spectre ini memang sangat berbahaya bagi perangkat. Bug ini merupakan celah keamanan yang dapat menyerang prosesor serta melakukan isolasi antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Salah satu pintu gerbang masuknya bug ini adalah melalui browser dan berasal dari situs-situs yang tidak aman. Karena itulah menurutnya, Google menambahkan sistem proteksi yang mampu mengisolasi situs tak aman ini dan melindungi perangkat dari serangan bug Spectre.

Fitur perlindungan ini bakal dirilis pada pembaruan Chrome berikutnya. Fitur ini pun akan aktif secara otomatis sehingga pengguna Chrome akan melihat adanya peningkatan penggunaan RAM setelah mereka mengunduh versi terbaru dari browser ini.

Baca juga: Desain dan Fitur Chrome Dirombak Besar-besaran

Menurut Reis, penambahan sistem keamanan ini memang harus dilakukan. Untuk menambal celah ini, ada bagian-bagian yang harus dikorbankan salah satunya adalah menurunnya efisiensi penggunaan RAM dalam suatu perangkat.

"Ada sekitar 10 sampai 13 persen peningkatan karena penambahan jumlah proses yang lebih besar," ungkap Reis dikutip KompasTekno dari blog resmi Google, Jumat (13/7/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati begitu, Reis berjanji bahwa tim insinyur Google akan terus berusaha mengoptimalkan sistem ini sehingga tak akan memakan terlalu banyak kapasitas RAM.

"Kami akan terus berusaha untuk memperbaiki dan mengoptimalkan sistem ini agar Chrome tetap bisa berjalan cepat dan aman," lanjutnya.

Browser Chrome milik Google memang dikenal lebih cepat dan responsif saat digunakan untuk berselancar di internet. Namun konsekuensinya, browser ini cukup banyak menghabiskan jatah RAM pada laptop maupun komputer.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X